Waspada Bencana! Ini Prosedur Keselamatan saat Banjir dan Longsor

Prosedur Keselamatan
Doc : Prosedur Keselamatan Bencana
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Saat musim hujan ancaman bencana alam cukup rentan terjadi. Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Banjir bandang merupakan ancaman bencana alam yang mengancam saat musim hujan. Curah hujan yang tinggi dengan intensitas yang besar bisa menjadi pemicu terjadinya banjir dan longsor. Maka dari itu berikut prosedur keselamatan bencana banjir dan longsor yang harus diketahui.

BACA JUGA :

Di Cidaun, Puluhan Perahu Nelayan Rusak Diterjang Banjir Bandang

Banjir

Faktor banjir bisa disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi karena faktor iklim atau juga karena penebangan hutan secara liar yang membuat tanah di sekitar suatu daerah tidak dapat menyerap air dengan baik dan menyebabkan terjadinya banjir.

Maka dari itu, kenali ciri-ciri akan datangnya banjir dan longsor serta tips penyelamatannya supaya mengurangi resiko dari bencana.

Berikut adalah ciri gejala kedatangan banjir bandang berdasarkan sumber dari Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) :

  • Saat terjadi hujan deras, Aliran sungai akan terlihat menyurut karena tertahan material longsor di daerah hulu atau sepanjang aliran sungai. Lalu kemudian air akan meluap naik dengan cepat dan mengalir cepat menghantam apapun yang diterjangnya.
  • Air sungai akan berubah warna menjadi keruh karena tercampur dengan tanah dan lumpur, kemudian ada suara gemuruh dari arah aliran sungai, itu pertanda air dan lumpur serta batu atau batang pohon sedang bergerak mengalir
  • Gejala banjir bandang bisa di deteksi dari Alat peringatan dini berupa alat takaran hujan wire extensometer, juga kamera pengawas (CCTV) di daerah hulu dan sepanjang aliran sungai, sebelum aliran sungai masuk ke daerah permukiman.
  • Waspadai jika hujan deras dengan waktu yang cukup lama, sebab hal ini akan memicu terjadinya bandang. Curah hujan yang tinggi membuat sungai sudah tidak membendung sehingga air akan meluap.

BNPB mengimbau warga untuk mengutamakan keselamatan dengan mengantisipasi dampak banjir, khususnya arus listrik. Berikut Prosedur Keselamatan Banjir :

  • Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)
  • Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
  • Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
  • Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.
0 Komentar