Utamakan Pencegahan dalam Pengawasan

Utamakan Pencegahan dalam Pengawasan
SOSIALISASI: Panwaslu Kecamatan Cugenang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di aula Kecamatan Cugenang, Jumat (16/6/2023) (FOTO: Bisri Mustofa/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) lebih kedepankan kaitan dengan pencegahan. Hal itu diungkapkan komisioner Panwaslu Kecamatan Cugenang, Hendri Kurniawan disela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di aula Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jumat (16/6/2023).

“Ibaratnya dari pada mengobati lebih baik mencegah sebelum terjadi. Maka dari itu pentingnya menccegah hal-hal yang akan bertentangan dengan asas dan aturan mengenai pelaksanaan pemilu,” kata Hendri.

Untuk itulah dalam menjalankan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu, memerlukan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. “Bentuk pencegahan perlu dilaksanakan dengan sinergis dan efektif sebagai implementasi upaya pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu,” jelasnya.

Baca Juga:Gerakkan Kembali Mesin PartaiTiga Nakes Cianjur Raih Juara di Tingkat Jabar

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan Cugenang tersebut menghadirkan komisioner KPU Cianjur Ridwan Abdullah yang menyampaikan tentang tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024.

Seorang peserta sosialisasi Mustofa mengungkapkan, harapan untuk pelaksanaan pemilu yang berkualitas tidak terlepas dengan peran dari masyarakat pemilih.

“Sosialisasi ini sangat memberikan wawasan dan pengetahuan, terutama dalam pencegahann terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu. Sebagai masyarakat, saya sangat terbantu dengan pelaksanaan sosialisasi ini, tinggal pelaksanaanya nantinya,” katanya. (sri)

 

0 Komentar