Pembangunan Huntap Relokasi Tahap III Segera Dibangun

Bupati Herman Tunjuk Budhi Rahayu Toyib Jadi Jubir Tim Penanganan Bancana Gempa Bumi Cianjur
Jubir Tim Penanganan Bancana Gempa Bumi Cianjur, Budhi Rahayu Toyib.(Dok/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pembangunan hunian tetap (huntap) relokasi tahap III korban gempa Cianjur yang berlokasi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas segera dilaksanakan.

Juru Bicara Tim Penanganan Bencana Gempa Bumi Cianjur, Budhi Rahayu Toyib, menjelaskan, surat keputusan penetapan lokasi sudah dikeluarkan dan disampaikan ke pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencananya, lahan huntap relokasi tahap III di Desa Batulawang seluas tiga hektare akan menampung sebanyak 159 kepala keluarga.

Baca Juga:Duh, Lokasi Huntap Bagi Korban Gempa Masih Kesulitan AirTingkatkan Layanan, Perumdam Harapkan Pergantian Pipa Induk Rampung

“Dari sana (Kementerian PUPR,red) mereka akan membuat site plan, mudah-mudahan awal Juli pembangunannya di mulai,” katanya kepada Cianjur Ekspres melalui sambungan telepon, Kamis (15/6/2023).

Dia mengungkapkan, huntap relokasi tahap III di Desa Batulawang akan diisi oleh korban gempa yang berasal dari beberapa desa, khususnya Cijedil, Kecamatan Cugenang.

“Paling banyak dari Cijedil karena beberapa desa sudah terakomodir di tahap pertama, ada lima desa kalau tidak salah,” kata Budhi.

Menurutnya, huntap relokasi tahap I di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku diisi oleh korban gempa yang berasal dari enam desa.

“Tahap ke satu, kan ada enam desa yang ngisi. Kalau tahap kedua (huntap,red) di Mande itu banyaknya dari desa yang di atas Benjot,” ucap Budhi.

Budhi berharap, pembangunan huntap relokasi tahap III korban gempa di Desa Batulawang bisa segera dibangun.

“Mudah-mudahan sebentar lagi, karena kita juga pemerintah daerah dikejar waktu ingin secepatnya. Karena masyarakat kasihan masih di tenda-tenda darurat,” katanya.

Baca Juga:Bawaslu Cianjur Masih Temukan Data Pemilih Meninggal di DPSHP, Ini Penjelasan KPUBawaslu Cianjur Masih Temukan Data Pemilih Meninggal di DPSHP

“Jadi mudah-mudahan kalau bisa secepatnya dipindahkan. Juga pembangunannya masih di masa transisi. Kita perpanjang rencana sampai transisi ketiga,” pungkasnya.(dik/hyt)

0 Komentar