Pesona Gunung Gede, Keindahan bak ‘Surga’ di Cianjur

Gunung Gede
illustrasi : Phinemo.com
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gunung Gede adalah gunung yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl atau 9.705 ft. Kawasan gunung yang menjadi Taman Nasional ini sering menjadi destinasi wisata alam dan pendakian bagi banyak orang dan keindahan alam yang memukau siapa saja yang melihatnya akan jatuh cinta dan balik lagi balik lagi ke tempat ini. Melansir dari situs gedepangrango.org, secara administratif Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berada di wilayah tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA :

Rekomendasi Camping Ground Terbaru di Cianjur

TNGGP

Gunung Gede Pangrango merupakan kawasan yang dijadikan sebagai Taman Nasional Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan total luas wilayahnya sekitar 24.270,80 Ha. Di mana, kawasan ini merupakan taman nasional tertua yang ada di Indonesia yang masuk  dalam daftar 5 taman nasional pertama di Tanah Air. Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif dan  pertama kali erupsi atau meletus pada pada 1747 – 1748, yang diduga terjadi 2 buah aliran lava dari Kawah Lanang.

Melansir laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, mengamati aktivitas Gunung Gede  sejak 1985, gunung ini telah mengalami beberapa kali peningkatan aktivitas terutama aktivitas kegempaannya. Peningkatan aktivitas Gunung Gede terjadi pada tahun 1997 dan tahun 2000.

Baca Juga:Rekomendasi Cafe di Sukabumi yang UnikWisata Leuwi Tonjong ala Jurrasic Park di Garut

Pesona Gunung Gede

Sudah bukan menjadi rahasia publik, kalau Gunung Gede merupakan salah satu kawasan pendakian yang telah banyak pecinta alam yang mendaki gunung ini. Melansir situs travel agency, jarak pendakian ke puncak Gunung Gede adalah 2 km atau sekitar 1 jam pendakian.

Selain itu, di sekitar wilayahnya juga terdapat objek wisata alam menarik yang bagi para wisatawan, baik dalam dan luar negeri. Misalnya, Telaga Biru yang dekat dengan pintu masuk Cibodas, Alun-alun Surya Kencana, pemandian air panas, hingga curug atau air terjun Cibeureum.

Salah satu spot terkenal yang terdapat di Gunung Gede yaitu Alun-alun Surya Kencana. Lokasinya berada di sekitar ketinggian 2750 mdpl bagian Timur Puncak Gede. Alun-alun Surya Kencana merupakan hamparan padang savana yang ditumbuhi oleh bunga edelweis yang indah. Sehingga, tak heran kalau tempat ini menjadi spot foto favorit para pendaki.

0 Komentar