Penasaran Lebaran Haji Tanggal Berapa?

lebaran haji tanggal berapa
illustrasi : freepik
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Semakin banyak pertanyaan terkait Lebaran Tanggal Berapa, pasalnya pemerintah belum menggelar sidang isbat untuk menentukan peringatan Idul Adha
1444 Hijriah yang juga menyebutnya sebagai Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

BACA JUGA :

Lebaran Idul Adha Muhammadiyah 2023 Berbeda?

Peringatan Idul Adha sebagai Lebaran Haji karena pada momen ini muslim melakukan ibadah haji ke Tanah Suci. Peringatan Idul Adha juga sebagai Hari Raya Kurban karena memperingati momen pengujian Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail.

Lebaran Haji dan Idul Adha terjadi setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Tanggal Lebaran Haji 2023 di Indonesia tercantum dalam SKB 3 Menteri dan Maklumat Muhammadiyah.

Baca Juga:Kapan sih Lebaran Haji 2023?Kondisi Rumput Rumah Abah Jajang Balik Hijau

Informasi Lebaran Haji

Menurut SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dengan demikian, Lebaran Haji 2023 versi SKB 3 Menteri jatuh pada 29 Juni 2023.

Meskipun demikian, penetapan resmi Idul Adha 2023 oleh pemerintah harus menunggu hasil sidang isbat. Kegiatan sidang isbat diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Apa itu Lebaran Haji?

Idul Adha menandai dua peringatan rutin bagi umat Islam, yaitu penyelenggaraan ibadah haji dan ibadah kurban. Melansir situs Kementerian Agama (Kemenag), lebaran haji adalah penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Itulah mengapa Idul Adha sering nyebut istilah Lebaran Haji.

Bagi umat Islam yang menunaikan ibadah haji, kurban termasuk bagian dari prosesi haji itu sendiri. Namun, bagi umat Islam di Tanah Air dan negara lain, tanggal 10 Dzulhijjah
memperingatinya dengan melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah lanjut dengan penyembelihan hewan kurban.

Mengutip situs resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), pada 9 Dzulhijjah, jemaah haji di Tanah Suci wajib melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Wukuf di Padang Arafah
merupakan rukun puncak ibadah haji.

Pada hari itu, semua jemaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk berdoa dan berdzikir hingga matahari terbenam. Selanjutnya, para jemaah haji menuju Muzdalifah untuk
bermalam di sana.

Lebaran Haji 2023 Menurut Muhammadiyah

Lebaran Haji 2023 tanggal berapa? Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 2023 melalui Maklumat bernomor 1/MLM/I.0/E/2023 yang dirilis Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Menurut Maklumat tersebut, Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal Rabu, 28 Juni 2023. Hal itu menandakan Lebaran Haji 2023 versi Muhammadiyah adalah 28 Juni 2023.

0 Komentar