Kronologi Rasyid Ghifari Tewas saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Muhammad Rasyid Ghifari Mahasiswa ITB
Rasyid Ghifari Mahasiswa ITB
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Kronologi Rasyid Ghifari Mahasiswa Intitut Teknologi Bandung (ITB) tewas saat uji coba penerbangan pesawat tanpa awak. Uji coba tersebut sebagai persiapan mengikuti perlombaan kontes robot terbang (KRT).

Muhammad Rasyid Ghifari merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) angkatan 2021. Ia meninggal di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung pada Selasa (6/6/2023).

Kala itu Rasyid tengah melakukan uji coba pesawat yang selesai ia rakit bersama temannya yang tergabung dalam UKM Aksantara ITB.  Unit kegiatan tersebut beranggota Mahasiswa lintas jurusan yang setiap tahun mengikuti kontes robot terbang.

Baca Juga:Viral! Kisah Perempuan Satu Kost Dengan Hantu, Berani?Viral! Unjuk Rasa GEPREK, Pengangguran Remaja Karawang Minta Pekerjaan

Pesawat tanpa awak itu nantinya akan ikutserta dalam kontes robot terbang.Peluncuran pesawatnya menggunakan pelontar bungee atau semacam ketapel besar yang ujung karetnya harus terkait pada pasak yang tertancap ke tanah.

Rasyid dan temannya melakukan uji coba saat kondisi sedang hujan. Berbagai peralatan mereka siapkan, salah satunya pasak untuk melontarkan pesawat dengan berat 8 kilogram. Pasak tersebut ia tancapkan ke tanah, Cara kerja pesawat tersebut, karetnya harus tertarik saat pesawat akan terbang.

Namun, karena cuaca sedang hujan dan tanahnya basah, pasak tiba-tiba tercabut dari tanah. Pasak itu kemudian mengenai bagian leher belakang Rasyid.  Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan tapi nyawanya tak tertolong.

Rasyid telah dimakamkan di Jakarta. Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Tatacipta Dirgantara menyebut, Rasyid merupakan mahasiswa dengan nilai akademik yang baik dan aktif berkegiatan di kampus.

“Buat kami ini suatu kehilangan dan kami sangat berduka,” kata Tata.

Demikian informasi mengenai Kronologi Rasyid Ghifari Mahasiswa Intitut Teknologi Bandung (ITB) tewas saat uji coba penerbangan pesawat tanpa awak.

0 Komentar