Apa Sih Sejarah dan Makna Hari Pancasila?

Apa Sih Sejarah dan Makna Hari Pancasila?
0 Komentar

CIANJUREKSPRES –  Memperingati Hari Pancasila adalah salah satu hal yang sangat bermakna untuk masyarakat Indonesia.

Apa sih sejarah dan makna hari Pancasila?

Hari Pancasila adalah hari dimana semua orang memperingati hari penting bagi rakyat Indonesia, hari ini diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Bahkan menjadi salah satu hari libur nasional yang sangat mendalam bagi bagsa Indonesia.

Baca Juga:Honda Scoopy Stylo 160 Makin Cakep dengan Gaya Klasik EropaIni Dia Warna Honda Scoopy Terbaru Yang Harus Kamu Tau

Pancasila adalah dasar negara dari Republik Indonesia yang memiliki kandungan prinsip-prinsil dan sudah menjadi landasan untuk kehidupan bangsa dan negara.

Sejarah dan Makna Hari Pancasila

Sejarah

Hari Pancasila di mulai pada tanggal 1 Juni 1945, ketika Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sedang mengadakan sidang bersejarah di Jakarta.

Sidang ini di hadiri oleh tokoh-tokoh ternama seperti Soekarno, Mohammad Hatta dan tokoh nasional lainnya.

Pada sidang ini mereka membahas mengenai dasar negara yang akan menjadi panduang untuk bangsa setelah mengalami penjajahan Belanda.

Setelah berbagi diskusi dan perdebatan yang sangat panjang, akhirnya lahirlah rumusan dasar negara yang di kenal dengan nama Pancasila.

Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, panca berarti lima dan sila berarti prinsip yang terdiri dari lima sila yang merupakan pijakan dasar dalam membangun negara Indonesia.

Kelima sila dalam Pancasila yang berisikan Ketuhan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Di pimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Baca Juga:Catat, Jadwal Rilis Motor Honda Scoopy Stylo 125 dan 160Rekomendasi Kompor Gas Harga Rp 200 Ribuan

Kelima sila ini selalu saling melengkapi dan menjadi pendoman untuk negara Indonesia dalam menjalankan segala aspek untuk kehidupan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, hari Pancasila di peringat setiap tahun pada tanggal 1 Juni dan memiliki makna yang sangat mendalam untuk bangsa Indonesia.

Hal ini menjadi waktu yang bisa merefleksikan nilai dan prinsip yang ada dalam Pancasila.

Peringatan ini sangat di harapkan oleh semua masyarakat yang ada di Indonesia, pasalnya dengan hari lahir Pancasila kita bisa memahami, menghargai dan mengamalkan nilai dalam kehidupan sehari-hari.

0 Komentar