Dukung UMKM, YBM PLN Cianjur Bantu Gerobak untuk Pedagang Kaki Lima

Dukung UMKM, YBM PLN Cianjur Bantu Gerobak untuk Pedagang Kaki Lima
Foto Istimewa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES  – Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur terus bergerak menebar manfaat bagi sesama. Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid 19 mengakibatkan usaha mikro, kecil dan menengah seperti pedagang kaki lima terdampak. YBM PLN Cianjur berinisiatif menyalurkan bantuan berupa 5 unit gerobak kepada pedagang kaki lima sebagai sarana berjualan untuk membantu pemulihan perekonomian pedagang pascapandemi pada Rabu (17/5).

“Ada lima orang pedagang kaki lima yang memperoleh bantuan gerobak yang diberi nama “Gerobak Cahaya”. Mereka adalah Pak Abdul, Pak Aris Manul Hakim, Pak Asep Mulyadi, Bu Lilis Sa’diyah dan Pak Saipudin. Mereka ini berjualan gorengan, mie ayam bakso, sosis dan pisang goreng tanduk,” kata Bayu Ahmad Rianto, Ketua YBM PLN UP3 Cianjur.

Bayu menambahkan bahwa pedagang kaki lima yang dibantu gerobak oleh YBM itu rata-rata masih berjualan di atas meja sederhana ataupun gerobaknya sudah tidak layak pakai.

Baca Juga:Tak Hanya Kurangi Emisi, Kendaraan Listrik Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKMMudah dan Nyaman, Ratusan Ribu Pelanggan PLN Jabar Manfaatkan Catat Meter di PLN Mobile

“Bahkan saat pandemi kemarin pedagang yang kehabisan modal sampai harus menjual gerobaknya untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Bayu.

Manager PLN UP3 Cianjur, Agus Tasya, menyerahkan langsung gerobak kepada para pedagang kaki lima tersebut. Agus berharap gerobak tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik oleh para penerima manfaat.

“Bantuan berupa gerobak ini merupakan upaya YBM membantu memulihkan kondisi ekonomi pelaku UMKM di wilayah Cianjur. Program YBM di bidang ekonomi ini sifatnya pemberdayaan yang berkelanjutan ke depan, dalam artian memberi pancing bukan ikan,” kata Agus.

Selain itu gerobak juga dilengkapi celengan agar penerima manfaat berlatih menyisihkan hartanya meskipun sedikit.

“Dari YBM akan mengumpulkan setiap dua bulan sekali. Kunjungan YBM tersebut sekaligus untuk mengecek penggunaan gerobak. Apabila gerobaknya tidak digunakan oleh penerima manfaat maka akan kami tarik dan salurkan kembali pada pedagang kali lima lainnya yang lebih membutuhkan,” terang Bayu.

Salah satu penerima manfaat, Asep Mulyadi, yang sehari-harinya berjualan sosis di sekitar Masjid Agung Cianjur, bersyukur dengan bantuan gerobak dari YBM.

0 Komentar