Google Putuskan Hapus Gmail yang Tak Aktif Dua Tahun

Google Putuskan Hapus Gmail yang Tak Aktif Dua Tahun
0 Komentar

– Akun yang mengandalkan kata sandi lama dan tidak pernah diperbarui
– Akun yang tidak pernah diperiksa keamanannya secara rutin selama dua tahun terakhir
– Akun yang gagal melakukan verifikasi dua faktor

Jadi, para pemilik akun masih memiliki waktu sekitar 6 bulan untuk mulai mengoperasikan dan memperbaiki akun Google kembali.

Kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan akun yang tidak pernah digunakan lagi.

BACA JUGA :

5 Dampak Negatif Keseringan Mengeluh! Yuk Perbanyak Bersyukur

Baca Juga:Smartphone Nokia G300 5G Kini Banting Harga Cuma 1jutaanNokia 106 4G Spek Dewa Hingga Tahan Banting dan Tahan Rayap!

Meskipun bagi sebagian orang hal ini merepotkan, akan tetapi jenis akun-akun yang disebutkan di atas memang lebih beresiko terkena ancaman keamanan, virus, spam dan pembajakan akun

Google dalam pengumumannya juga mengatakan bahwa keamanan menjadi ancaman serius bagi privasi pengguna.

“Orang-orang ingin produk dan layanan yang mereka gunakan secara online aman dan terjamin. Itulah sebabnya kami telah berinvestasi dalam teknologi dan alat untuk melindungi pengguna kami dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun.” demikian keterangan Google yang dikutip pada Rabu (22/5/2023).

Keputusan ini muncul hanya seminggu setelah Twitter juga mengumumkan akan melakukan ‘pembersihan’ akun-akun yang sudah tidak aktif selama beberapa tahun.

Penghapusan akun Google secara otomatis juga akan membuat semua konten yang terhubung dengan akun tersebut ikut terhapus, termasuk konten dari Google Dokumen, Meeting Room, Drive, Meet, Kalender, dan Foto, hingga YouTube.

BACA JUGA :

Bikin Heboh, Deny Cagur dan Shanti Diisukan Cerai

Untungnya, sebelum akun Google dihapus, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan untuk segera memperbaiki akunnya sesuai dengan ketentuan.

Pemberitahuan itu juga akan dikirim ke email pemulihan yang telah ditautkan sehubungan dengan akun Gmail.

0 Komentar