Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat

Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat
Ilustrasi: iStock
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pada saat Hari Raya Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk berkurban, sebelum berkurban harus memilih hewan kurban yang baik dan sehat.

Hewan kurban dagingnya nanti akan dibagikan kepada orang yang berkurban ataupun umat Islam lainnya.

Kedua, saat berjalan normal, aktif bergerak, tidak pincang, tidak lunglai atau lemah.

Baca Juga:Camilan yang Tak Lekang Oleh Waktu, Resep Combro Pedas Super RenyahRekomendasi Parfum yang Segar Walau Dipakai di Siang Hari

Ketiga, memiliki mata yang berbinar, hidung basah berembun, bulu-bulu halus mengkilap dan lembut (tidak kasar atau kusam).

Salah satu indikasi hewan terinfeksi Anthrax adalah keluar darah dari lubang-lubang di tubuhnya.

Kelima, kuku di keempat kakinya kuat, sehat, dan utuh. Bibir tidak sariawan. Salah satu indikasi hewan terserang virus penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah nampak ada luka.

Seperti sariawan di sekitar mulut atau bibir, gusi (di sela gigi), lidah sapi, kulit di atas kuku kaki, over salivation (air ludah banyak keluar), demam (suhu tubuh 40-41 derajat celsius), nafsu makan hilang, kaki pincang.

Keenam, hindari membeli hewan qurban yang berada di tempat pembuangan sampah.

Lantaran hewan tersebut bisa jadi memakan kertas yang tercemar logam berat berbahaya dan partikel marker yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Itulah sederetan cara memilih hewan kurban yang sehat, semoga tahun ini kita bisa berkurban di hari raya idul adha nanti.

0 Komentar