Alun-alun Cianjur Ditutup Sementara

Alun-alun Cianjur Ditutup Sementara untuk Perbaikan
SIDAK: Bupati Cianjur Herman Suherman didampingi Asda II Budhi Rahayu Toyib saat melakukan sidak Taman Alun-alun Cianjur pada Rabu (26/4/2023).(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Pemerintah Kabupaten Cianjur menutup sementara Alun-alun Cianjur mulai hari ini, Selasa 2 Mei 2023 untuk memperbaiki sejumlah fasilitas fisik pascalibur lebaran yang diperkirakan membutuhkan waktu sebulan.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Cianjur, Budhi Rahayu Toyib menjelaskan, sejak awal Alun-alun Cianjur dibangun oleh Pemkab Cianjur sebagai salah satu ruang publik untuk masyarakat sekaligus tempat edukasi dan bermain. Bahkan juga menjadi tempat rujukan wisata yang tentu risikonya akan mengundang keramaian, kerusakan dan sampah.

“Kita melihat kemarin (beberapa waktu lalu,red), hasil evaluasi ke lapangan bahwa lokasi-lokasi di Alun-alun kelihatan sudah kumuh. Pertama, sampah berserakan, kedua, beberapa lokasi-lokasi taman rusak, cat sudah luntur. Terus yang paling jelas itu yang seharusnya gak boleh ada mainan masuk di ruang dalam, semacam di depan panggung kecapi suling sampai si lantai yang batu-batu itu sudah rusak, karena itu kan dilarang sejak awal gak boleh masuk,” ujarnya kepada Cianjur Ekspres di ruang kerjanya, Jumat (28/4) lalu.

Baca Juga:Pemilu Digelar Terbuka atau Tertutup, PPP Cianjur Siap Hadapi Pileg 2024May Day, SPN Cianjur: Pemda Jangan Tutup Mata dan Telinga

Selain itu, ungkap Budhi, para pedagang sebetulnya tidak boleh ada di spot-spot dalam Alun-alun Cianjur, namun mereka (pedagang, red) masuk dengan alasan membayar uang kebersihan ke pihak pengelola.

“Memang sesuai dengan keputusan bupati, kita memberikan wewenang kepada PT CSM (Cianjur Sugih Mukti) untuki mengelola, tetapi kita (Pemkab, red) sebagai pemilik daripada Alun-alun itu memiliki hak untuk menutup sementara dulu terkait dengan masa pemeliharaan Alun-alun tersebut, karena kalau dibiarkan itu akan membuat Alun-alun kumuh,” paparnya.

Menurut Budhi, alasan menutup sementara Alun-alun Cianjur mulai 2 Mei 2023 karena sampai 1 Mei 2023 anak-anak masih libur bekum sekolah.

“Kita masih memberikan kesempatan kepada mereka (anak-anak,red) memberi waktu untuk liburan yang masih mau di Alun-alun. Mulai tanggal 2 (Mei, red) ketika mereka sudah masuk sekolah, kita akan tutup sementara,” tuturnya.

0 Komentar