Tips Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran
Tips Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran
0 Komentar

CIANJUREKSPRESTips menjaga rumah saat lebaran ini memang harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pastinya. Selama mudik Lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari.

Rumah yang kosong bisa memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan. Selain potensi kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut untuk diwaspadai

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

1. Menyalakan Lampu Teras dan Beberapa Bagian Rumah

Baca Juga:5 Rekomendasi Wisata Yang Wajib di Kunjungi Saat LebaranMakeup Simple Dan Glowing Saat Lebaran

Lampu teras yang tidak dinyalakan akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Karena itu, sebaiknya kamu juga menyalakan lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan agar membuat rumah terlihat seperti sedang ada yang menghuni.

Namun, jangan biarkan lampu kamu terus menyala sepanjang waktu. Lampu yang terus menyala pada siang hari juga menjadi pertanda bahwa pemilik rumah sedang bepergian dan tentunya cukup menguras listrik.

Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan lampu pintar yang bisa mendeteksi intensitas cahaya dan memiliki timer.

2. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci Rapat

Mengunci pintu dan jendela rumah adalah hal terpenting yang wajib dilakukan oleh para pemudik. Sebelum meninggalkan rumah, selalu pastikan pintu dan jendela sudah tertutup rapat dan terkunci ya. Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Ada baiknya juga untuk menambahkan gembok agar lebih aman.

3. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak

Hal yang tidak kalah penting saat meninggalkan rumah karena mudik Lebaran yaitu dengan mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Di rumah biasanya terdapat beberapa perangkat elektronik seperti televisi, radio, lemari es, mesin cuci, dispenser, dan lain sebagainya. Sebelum pergi mudik, pastikan barang-barang elektronik tersebut sudah tidak menyala.

0 Komentar