Peringati Hari Kartini 2023, Yuk Tonton Film Berikut Ini

rekomendasi film Hari Kartini 2023. 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, hal ini karena sosok pahlawan perempuan satu ini telah berjuang untuk kesetaraan.
rekomendasi film Hari Kartini 2023.
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES– Berikut rekomendasi film Hari Kartini 2023.

21 April diperingati sebagai Hari Kartini, hal ini karena sosok pahlawan perempuan satu ini telah berjuang untuk kesetaraan.

Tekadnya untuk mengupayakan kesetaraan perempuan di masa kolonial telah menjadi inspirasi berbagai generasi hingga saat ini.

Kisah hidup dan perjuangannya pun telah di bukukan hingga di filmkan.

Baca Juga:Review Honda Win 125 Reborn, ‘Motor Dinas’ Legendaris yang Siap Libas Jalanan Simpan Dulu, Ini Tata Cara Sholat Idul Fitri Berikut Hukumnya

Nah untuk mengenang jasa RA Kartini beragam cara bisa dilakukan, salah satunya menonton film yang berkaitan dengan manifestasi kisah perjuangannya.

1. RA Kartini (1982)

Film yang rilis pada 1982 ini merupakan adaptasi dari buku Biografi Kartini (1977) yang ditulis Sitisoemandari Soeroto.

Disutradarai oleh Bambang Hermanto dan Ardi Kurdi film ini berdurasi 3 jam dengan kisah yang cukup kompleks dan lengkap.

Film ini menjadi yang pertama mengisahkan perjuangan RA Kartini dalam menjunjung emansipasi perempuan terutama di bidang pendidikan.

Dalam gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 1983, R.A Kartini menyabet tiga piala citra.

 2. Surat Cinta Untuk Kartini (2016)

Film ini mengangkat kisah fiksi berlatar sejarah.

Disutradai oleh Azhar Kinoi Lubis, Surat Cinta untuk Kartini mengisahkan seorang tukang pos bernama Sarwadi (Chico Jerikho) yang jatuh cinta terhadap sosok Kartini (Rania Putriasari).

Ia jatuh cinta kepada Kartini karena keberaniannya memperjuangkan hak-hak perempuan kala itu.

Baca Juga:Kronologi Suami di Pekalongan Istri Tertinggal di Brebes Saat Hendak MudikCara Jitu Hadapi Pertanyaan ‘Kapan Nikah’ Saat Lebaran, Tetap Santai dan Berkelas

Meski di mata orang lain sikap Kartini dianggap aneh karena berbeda, Sarwadi justru semaki kagum terlebih saat Kartini berhasil mendirikan sekolah bagi kaum pribumi.

Film ini bisa ditonton melalui layanan video streaming Netflix dengan judul Kartini and Mr. Postman.

3. Kartini (2017)

Dalam Kartini (2017) sosok aktris ternama Dian Sastro Wardoyo didapuk menjadi pemeran utama sebagai tokoh Kartini.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan berlatar kehidupan tahun 1900-an.

Menariknya, selain mengisahkan tokoh Kartini film ini juga menyajikan kisah lainnya seperti ibu Kartini, Ngasirah (diperankan Christine Hakim), yang menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri karena tidak memiliki darah bangsawan.

Kemudian perjuangan Kartini bersama saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita).

0 Komentar