Simpan Dulu, Ini Tata Cara Sholat Idul Fitri Berikut Hukumnya

Tata Cara Sholat Idul Fitri Berikut Hukumnya
Tata Cara Sholat Idul Fitri Berikut Hukumnya
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES– Berikut tata cara sholat Idul Fitri berikut hukumnya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya anda segera mempelajari cara melaksanakan sholat Ied.

Hukum sholat Ied adalah sunnah muakad atau sangan dianjurkan.

Shalat Ied mulai disyariatkan pada tahun kedua hijriah, Rasulullah SAW selalu melaksanakan sholat Ied hingga wafat dan kemudian dilaksanakan umatnya hingga saat ini.

Syarat dan rukun Shalat Ied, sama sebagaiana shalat fardu lima waktu. Ada beberapa tambahan saja, khususnya teknis yang sifatnya sunnah.

Baca Juga:Kronologi Suami di Pekalongan Istri Tertinggal di Brebes Saat Hendak MudikCara Jitu Hadapi Pertanyaan ‘Kapan Nikah’ Saat Lebaran, Tetap Santai dan Berkelas

Adapun waktu sholat Ied dimulai dari matahari terbit hingga masuk waktu Shalat zuhur.

Dianjurkan dilakasanakan di lapangan terbuka, hal ini sebagai bentuk syiar agama.

Berbeda dengan Sholat Idul Adha yang harus segera dilaksanakan, Ied Fitri dapat disunnahkan untuk diperlambat dengan alasan untuk memberi kesempatan umat muslim yang belum membayar zakat fitrah.

Tata Cara Sholat Ied Fitri

1. Niat dan Takbiratul Ihram

2. Membaca doa ifititah, selanjutnya tabir sebanyak tujuh kali. Pada sela-sela tiap takbir dianjurkan untuk membaca doa dengan lafal sebagai berikut ini :

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

(Allahu akbar kabiran, wal hamdulillahi katsiran, wa subhanallahi bukratan wa ashila)

Artinya: Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.

3. Membaca surat Al-Fatihah. Selanjutnya disunnahkan untuk membaca surat Al-A’la, lalu dilanjut ke ruku, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti shalat biasa.

Baca Juga:SIAP-SIAP! Selain Gerhana Matahari Ramadhan Ini Akan ‘Dihujani’ Meteor LyridHore One Piece Tayang di Netflix, Ini Link Nontonnya! 

4. Setelah takbir untuk berdiri rakaat kedua, disunnahkan untuk takbir sebanyak lima kali seperti takbir pada rakaat pertama. Bacaan diantara takbir juga sama, seperti pada rakaat pertama.

5. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan dianjurkan membaca surat Al-Ghasiyah. Dilanjutkan ruku, sujud, dan seterusnya hingga salam.

6. Setelah salam, jamaah dianjurkan untuk mendengarkan khutbah yang disampaikan khotib terlebih dulu dan tidak beranjak dari tempat.

Demikian informasi mengenai tata cara sholat Idul Fitri beserta hukumnya. Semoga bermanfaat.

0 Komentar