Budaya Mudik Saat Lebaran di Indonesia

Budaya Mudik Saat Lebaran di Indonesia
Budaya Mudik Saat Lebaran di Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Budaya mudik saat lebaran adalah salah satu tradisi yang ada di Indonesia loh, dimana tradisi budaya ini hanya dilakukan secara tahunan, saat menjelang perayaan hari raya agama, terutama Idul Fitri.

kembali ke kota asal orangtua.

Selain aspek budaya dan agama, pulang kampung merupakan sebuah aktivitas traveling loh.

Mudik menjadi traveling massal yang dilakukan oleh mayoritas rakyat Indonesia.

Semua transportasi digunakan, seperti mobil pribadi, pesawat, kereta, kapal laut, motor, dan bus. Inilah sebabnya banyak timbul kemacetan di mana-mana jika pelaksanaannya tidak disiapkan dengan matang.

Baca Juga:Cara Membuat Anyaman Ketupat Untuk Pemula4 Tradisi Unik Jelang Lebaran Di Indonesia

Fenomena mudik lebaran di Indonesia memang unik dan jarang ditemukan di negara lain. Sekitar satu minggu sebelum lebaran, para perantau berbondong-bondong meninggalkan ibukota dan kembali ke kampung halaman.

Sebenarnya tradisi mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa yang sudah berjalan sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Dulu para perantau pulang ke kampung halaman untuk membersihkan makam para leluhurnya. Hal ini dilakukan untuk meminta keselamatan dalam mencari rezeki.

Namun istilah mudik lebaran ini berkembang di tahun 1970-an.

Saat itu Jakarta sebagai ibukota Indonesia yang menjadi satu-satunya kota dan telah  mengalami perkembangan pesat. Saat itu sistem pemerintahan Indonesia tersentral di sana dan ibukota negara melesat dengan berbagai kemajuannya dibandingkan kota-kota lain di Tanah Air.

Bagi penduduk lain yang berdomisili di desa, Jakarta menjadi salah satu kota tujuan impian untuk mereka untuk mengubah nasib.

Lebih dari 80 persen para urbanis datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan biasanya hanya mendapatkan libur panjang pada saat lebaran saja.

Tidak hanya di Jakarta aja, tradisi perpindahan penduduk dari desa ke kota juga terjadi di ibukota provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Juga:Resep Kentang Mustofa Teman Makan KetupatRekomendasi 3 Kue Kering Yang Harus Ada Saat Lebaran

Sama seperti halnya di Jakarta, mereka yang bekerja di kota hanya bisa pulang ke kampung halaman pada saat liburan panjang yakni saat libur lebaran.

0 Komentar