4 Tradisi Unik Jelang Lebaran Di Indonesia

4 Tradisi Unik jelang Lebaran Di Indonesia.
4 Tradisi Unik jelang Lebaran Di Indonesia.
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam apa lagi saat menjelang lebaran, kali ini Cianjur Ekspres mau kasih tau kalian beberapa tradisini unik jelang lebaran yang ada di Indonesia. Penasaran apa aja? yuk simak!

Hari raya Idul Fitri atau lebaran dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa Ramadhan.

Dalam menyambut lebaran, masyarakat di berbagai daerah selalu merayakannya dengan tradisi yang sangat unik.

Baca Juga:Resep Kentang Mustofa Teman Makan KetupatRekomendasi 3 Kue Kering Yang Harus Ada Saat Lebaran

Setiap daerah merayakan lebaran dengan berbagai tradisi yang berbeda-beda, hal ini tergantung dengan kebiasaan dan kebudayaan daerah tersebut.

Berikut ini adalah 4 tradisi unik yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia:

BACAJUGA: Resep Simpel Membuat Kue Nastar Paling Enak Untuk Lebaran!

  1. Tradisi Baraan

Tradisi ini berada di Bengkalis, Provinsi Riau, semua masyarakatnya selalu  melakukan tradisi Baraan ketika lebaran datang.

Tradisi Baraan adalah suatu kegiatan kunjung mengunjungi  tetangga secara beramai-ramai pada saat memasuki bulan Syawal.

Saat melakukan tradisi Baraan semua rumah di suatu dusun pasti akan mendapatkan giliran untuk dikunjungi. Selain itu, tuan rumah akan menghidangkan berbagai macam hidangan seperti kue mueh, ketupat, opor ayam, dan banyak lagi.

  1. Tari Topeng Muaro Jambi

Tradisi Tari Topeng Muaro Jambi adalah sebuah hiburan yang digelar pada setiap momen lebaran di Desa Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Tari Topeng Muaro Jambi menggunakan media topeng yang terbuat dari labu tua dan memiliki tekstur kulit keras yang dihias menggunakan cat berbagai warna dan diletakkan pula ijuk di atas topeng agar menyerupai rambut.

Baca Juga:Apa Itu Tradisi Kupatan?Apa Hukum Sholat Id Bagi Umat Muslim?

Selain merupakan tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan selama ratusan tahun, penggunaan topeng labu juga merupakan simbol perjuangan yang digunakan masyarakat Jambi ketika berhadapan dengan penjajah.

  1. Grebeg Syawal

Tradisi Grebeg Syawal ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan Keraton Yogyakarta ketika memperingati Lebaran tepat pada 1 Syawal.

Pada perayaan Grebeg Syawal akan diadakan arakan Gunungan Lanang yang diawali dengan keluarnya gunungan untuk dibawa ke Masjid Gede Keraton Ngayogyakarta untuk didoakan.

0 Komentar