Proses Pembuatan Tahu Warisan Leluhur

Proses Pembuatan Tahu Warisan Leluhur
Proses Pembuatan Tahu Warisan Leluhur
0 Komentar

Menggunakan metode pemanasan langsung pada wajan yang dipasang permanen diatas tungku. Proses pemasakan dimulai dengan memasukan sejumlah air ke dalam wajan pemasak, kemudian dipanasi. Setelah panas, bubur kedelai hasil proses penggilingan dimasukan ke dalam wajan tersebut dan dipanaskan hingga mendidih.

Proses pemasakan bubur kedelai mempengaruhi kualitas tahu yang dihasilkan. Proses pemanasan secara langsung pada wajan tersebut menyebabkan timbulnya kerak pada dinding dasar wajan.

 

4. Penyaringan

Kemudian disaring untuk mendapatkan sari kedelai (susu kedelai). Penyaringan yang umum  dilakukan dengan meletakan bubur kedelai diatas kain belacu (mori kasar) ataupun kain sifon yang sengaja dipasang diatas bak penampung.

Baca Juga:Sejarah Kota Sumedang Disebut Kota TahuResep Tahu Walik Khas Banyuwangi

Penyaringan dilakukan dengan menaruh bubur kedelai pada keranjang yang dilapisi kain belacu, kemudian diaduk hingga cairannya keluar diilakukan beberapa kali dengan penambahan sejumlah air untuk mendapatkan sari kedelai yang maksimal.

Hasil utama penyaringan ini adalah sari kedelai, sedangkan hasil sampingannya berupa ampas yang banyak digunakan sebagai pakan ternak.

 5. Pengasaman

Proses pengasaman atau lebih dikenal dengan penggumpalan belum menggunakan alat mesin. Penggumpalan atau pengasaman adalah proses selanjutnya setelah proses penyaringan bubur kedelai masak. Untuk menggumpalkan sari kedelai, para pengrajin menggunakan bahan asam yang dinamakan “bibit”.

0 Komentar