Pemprov Jabar Kawal Pencairan Dana Stimulan Korban Gempa Cianjur

Pemprov Jabar Kawal Pencairan Dana Stimulan Korban Gempa Cianjur
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Pemprov Jabar bersama Bank Mandiri terus mengawal pencairan dana stimulan bagi korban gempa bumi Cianjur.

Sebelumnya, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menganggarkan dana stimulan bagi korban gempa Cianjur. Masing-masing untuk yang kerusakan berat, sedang, dan rusak ringan.

 

Pemprov Jabar Kawal Pencairan Dana Stimulan

“Bank Mandiri selaku perbankan yang ditunjuk pemerintah untuk mencairkan, sesuai data dari BPBD Kabupaten Cianjur total penerima dana stimulan tahap 3 sebanyak 42.418 warga, 38.656 di antaranya telah dibuatkan rekening,” ujarnya.

Baca Juga:5 Titik Rawan Kecelakaan Saat Arus Mudik, Jangan Lupa Waspada Ya!Komitmen Jabar untuk Menjaga Toleransi di Masyarakat

Sedangkan, 4.103 orang belum bisa dibuatkan rekening karena ada beberapa kendala. Sebanyak 1.437 data bermasalah pada nama ibu kandung dan 2.330 data terkendala pembaruan di Disdukcapil.

Penyaluran Dana Stimulan Korban Gempa Cianjur, Ditargetkan Rampung Akhir 2023

Dari warga yang telah memiliki rekening pada tahap tiga ini, 9.272 telah mengantongi buku tabungan dengan kategori rumah rusak berat, 7.933 rusak sedang, 20.561 buku tabungan terkategori rusak ringan.

“Dari warga yang telah mengantongi buku tabungan, dana stimulan telah cair ke  8.790 rekening warga terkategori rusak berat. Kemudian 6.731 rekening rusak sedang, dan 18.738 rekening terkategori rusak ringan,” jelasnya.

Artinya dana stimulan total telah cair ke 34.259 rekening, sedangkan 3.363 ditunda pencairannya karena ada revisi status kerusakan.

Pihak Bank Mandiri pun telah berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Cianjur, BPBD Kabupaten Cianjur serta Dansatgas guna percepatan pencairan. Juga telah dibentuk BOD atau Basis Operasi Depan yang beranggotakan TNI, POLRI, Kepala Desa, Tim Teknis Dari BPBD, Perkim, PUPR, untuk berinisiatif melakukan pelayanan on site yaitu pencairan dana bantuan stimulan di lokasi Desa-Desa terdampak Gempa sesuai arahan Bupati Cianjur.

“Dari kurun 17 Maret-17 April 2023, sudah dilakukan sebelas kali on site ke sepuluh titik episentrum gempa, yakni Desa Nagrak, Bunikasih, Limbangansari,  Mekarsari, Babakan Karet, Ciherang, Cijedil, Benjot, Cibulakan, dan Cirumput,” tuturnya.

0 Komentar