Cara Membangun Self-Esteem pada Anak Sejak Dini

Cara Membangun Self-Esteem pada Anak Sejak Dini
Cara Membangun Self-Esteem pada Anak Sejak Dini
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Anak akan mulai belajar untuk bisa merawat fisik dan mental nya sejak dini, mengetahui kapan dia istirahat, makan, menenangkan diri saat emosinal melonjak dan lainnya.

Cara terbaik untuk dapat mempelajari itu semua adalah mencontoh dari pengasuh mereka, pengasuh akan mementingkan kebutuhan anak yang di asuhnya.

Self-esteem adalah cara seseorang untuk mengenali diri sendiri sampai bisa mempengaruhi kehidupan.

Apakah Diabetes Pada Anak Bisa Sembuh

Baca Juga:Masker Beras Mentimun Bikin Wajah Glowing ala KoreaPesona Curug Dadali Cianjur Selatan yang Eksotis

Berikut ini ada berapa tips agar anak bisa menemukan self-esteem nya sendiri:

1. Puji usahanya bukan hasilnya

Ketika anak telah melakukan sesuatu dan mendapatkan hasilnya orang tua pasti akan merespon sangat baik, namun yang terjadi di lingkungan nyata jika anak berhasil akan di puji tetapi jika gagal atau hasilnya jelek akan di marahi atau di omelin.

Jika orang tua ingin memuji hasil anak jangan terlalu berlebihan seperti “Kamu sangat pintar, lebih pintar dari orang lain”. Mereka tidak akan mendapatkan apresiasi atas harga dirinya dan terkesan akan lebih indah jika berhasil di banding gagal.

Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku

2. Saat menegur anak gunakan pernyataan yang dapat di tindaklanjutin bukan karakternya.

Jangan terlalu prontal dalam menegur anak karena hal itu akan di serap oleh anak sebagai bahwa dia buruk dan bodoh, hindari kalimat yang sepperti ini “Kamu belum mengerjakan PR, dasar anak yang malas” hal itu akan menjadi mainset ke anak itu bahwa dia adalah seorang pemalas.

Alangkah lebih baik jika mengatakannya seperti ini “Lain kali, selesaikan dulu PR mu baru setelah itu pergi main agar bisa di kumpulkan tepat waktu” anak akan meresap perkataan tersebut dan akan berpikir jika dia harus menyelesaikan tanggung jawabnya mengerjakan PR sebelum pergi bermain.

0 Komentar