PT CSM Kembangkan Cabai Unggul di Cianjur Selatan

PT CSM Kembangkan Cabai Unggul di Cianjur Selatan
PT CSM Kembangkan Cabai Unggul di Cianjur Selatan.(dok/cianjur ekspres)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – PT CSM Kembangkan Cabai Unggul di Cianjur Selatan.

BUMD PT Cianjur Sugih Mukti (CSM) mulai mengembangkan usaha budidaya cabai unggul di wilayah Cianjur selatan berkolaborasi dengan petani mitra.

Program ini sudah berjalan di Kampung Ciasmay, Desa Sukakarya dan Kampung Cimapag, Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara. Hasilnya pun cukup bagus, sebanyak lima hektare lahan pertanian yang ditanami komoditas cabai unggul siap panen perdana menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Direktur Operasional PT CSM, Santoso, mengungkapkan, dari lahan seluas lima hektare yang ditanami komoditas cabai di Kampung Ciasmay dan Cimapag sudah ada tiga hektare siap panen.

Baca Juga:Bupati Cianjur: Tambal Sulam Jalan Harus Beres Sebelum LebaranASN Cianjur Dilarang Mudik, Salat Idul Fitri di Tempat Terdampak Gempa

“Kami rencana mau panen perdana satu minggu sebelum hari H (Idulfitri,red) insyaAllah akan membantu pasokan komoditas di wilayah Cianjur, khususnya pasar Cianjur. Ada dua unggulan komoditas saat ini yaitu cabai dan bawang merah,” katanya, Kamis (13/4).

Dia mengatakan, CSM juga mencoba mengembangkan inovasi budidaya tumpang sari dilapangan untuk menambah pendapatan rekan-rekan petani mitra, sehingga pendapatan mitra petani lebih tinggi dan akan meningkatkan kesejahteraannya. Budidaya tumpangsari ini bisa dilakukan selama pengaturan jadwal tanam dan jenis komoditasnya diatur dan disesuaikan iklim dan lingkungan.

“budidaya tumpangsarinya Yakni tanaman pokok cabai, kedua bawang merah, dipinggir ada terong, ada juga tomat, bahkan di sisi ada daun bawang. Semata-mata untuk menaikkan hasil panen di rekan-rekan petani mitra,” jelas Santoso.

Selain meningkatkan produksi, program ini juga bertujuan untuk mengangkat atau memperbanyak angkatan kerja di dunia pertanian khususnya bagi para pemuda atau milenial.

“Seperti yang disampaikan pak Bupati Cianjur, kita akan mencoba mengangkat atau memperbanyak angkatan kerja di dunia pertanian khususnya bagi pemuda-pemuda Cianjur. Ini menjadi prioritas kami, yang kita rekrut adalah anak-anak muda yang kami harapkan nanti dia bisa mengembangkan ilmu pertanian dan bisa menciptakan pelaku-pelaku usaha pertanian di desa masing-masing, sehingga program BUMD PT CSM “membangun agrobisnis di pedesaan” bisa terwujud,” ungkapnya.

0 Komentar