Akan Ada Gerhana Matahari 20 April 2023

Akan Ada Gerhana Matahari 20 April 2023
Akan Ada Gerhana Matahari 20 April 2023
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Akan Ada Gerhana Matahari 20 April 2023

Nanti di tanggal 20 April 2023 mendatang akan ada fenomena langit yang sangat memukau yaitu gerhana matahari.

Peristiwa gerhana matahari ini yang terbilang langka ini menjadi istimewa karena bebarengan di bulan suci ramdhan dan menjelang lebaran atau idul fitri.

Fenomena gerhana matahari ini akan jatuh pada akhir ramdhan yakni hari kamis 20 April 2023.

Baca Juga:Inilah Beberapa Harga Hp 1 JutaanRekomendasi Baju Lebaran yang Diskon Besar-besaran Di Cianjur

Dilansir dari Gramedia Blog Gerhana Matahari merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya.

Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Gerhana Matahari 2023 Lengkap Beserta Doanya!

Benda langit yang saling menutupi tersebut adalah matahari dan bulan, sehingga disebut gerhana matahari dan gerhana bulan.

Namun, bukan berarti tidak ada benda langit lain yang saling menutupi. Akan tetapi, yang dapat terlihat oleh satelit kita hanya gerhana matahari dan bulan. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika terjadi gerhana di planet lain atau di tatanan tata surya lain.

Susunan tata surya kita terdiri dari matahari, planet, sabuk asteroid dan sabuk Kuiper yang berderet rapi dengan satelit alami masing-masing planet.

Sisanya adalah benda langit berupa bulan, asteroid, komet dan benda langit lainnya yang tersebar di seluruh luar angkasa.

Seluruh rangkaian planet dan benda langit lainnya secara permanen bergerak mengitari matahari, sedangkan matahari berotasi pada porosnya selama 25 hari.

Baca Juga:Jajanan Atau Cemilan Disaat LebaranYang Harus Ada Disaat Lebaran : Serba Serbi Lebaran

Bumi berputar berotasi selama 24 jam dan berevolusi mengelilingi matahari selama 365 ¼ hari atau satu tahun. Jalan bumi untuk berevolusi ini disebut juga dengan orbit.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Minta Pembangunan Jembatan Cijedil Dikebut

Bumi tidak hanya mengitari matahari, namun juga dikelilingi oleh benda lain lainnya. Benda langit ini adalah bulan yang mengelilingi bumi selama 27 ½ hari.

Kebanyakan orang kalau ada fenomena gerhana matahari ini selalu mengadakan solat gerhana matahari secara berjmaah dan berdoa bersama.

Karena fenomena gerhana matahari ini sangat langka untuk kita lihat.

0 Komentar