Siapkan Dirimu Menuju SNBT dan UM-PTN!

Siapkan Dirimu Menuju SNBT dan UM-PTN!
Siapkan Dirimu Menuju SNBT dan UM-PTN!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Siapkan Dirimu Menuju SNBT dan UM-PTN!

Pelajar SLTA tingkat akhir di Indonesia sekarang sedang ramai mempersiapkan diri untuk berjuang menggapai universitas impiannya.

Berbagai persiapan dilakukan dari jauh hari bahkan dari awal masuk SLTA lho, dari mulai ikut les, masuk bimbel PTN, dan tentunya berdoa meminta restu orang tua.

Untuk bisa masuk ke universitas negri di Indonesia ini tidak mudah lho, kita akan bersaing serentak secara nasional memperebutkan posisi di universitas yang di inginkan.

Baca Juga:Tips Mengatasi Demam Panggung.Nama Keren Anak dari Bahasa Sangsekerta

Di Indonesia ini terdapat beberapa seleksi untuk bisa masuk ke PTN, dan baru saja beberapa minggu lalu pengumuman SNBP di umumkan.

Jangan putus asa ya, bagi temen-temen yang belum lolos, ingat masih ada SNBT dan UM-PTN. Simak jadwal dan informasinya.

Ujian Mandiri PTN

Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia secara mandiri.

Seleksi mandiri dilakukan setelah pengumuman hasil jalur SBMPTN atau sekarang SNBT. Seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN harus sudah selesai paling lambat pada akhir bulan Juli tahun berjalan, secara mandiri, dengan persyaratan dan mekanisme yang disesuaikan dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

Dalam proses seleksi mandiri, beberapa perguruan tinggi dapat menggunakan tes khusus, menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, serta prestasi baik akademik maupun non-akademik sebagai poin tambahan.

Adapun kuota dari seleksi ini ditetapkan paling banyak 30% dari daya tamping setiap  program studi di perguruan tinggi tersebut.

Jumlah kuota dapat bertambah dari pengalihan jumlah kuota SNBT apabila tidak terpenuhi, dengan jumlah maksimal sebanyak 10%.

Baca Juga:Ide Hadiah Ulang Tahun Anak yang BermanfaatNiat Puasa Bulan Ramadhan

Biaya untuk mengikuti ujian mandiri lebih besar dibandingkan pendaftaran SNBT. Selain itu, biaya pendidikan jalur seleksi mandiri mencakup UKT dan uang pangkal.

SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang telah berubah nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan (SNBT) mulai tahun 2023 telah dibuka.

0 Komentar