Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum? Yuk Simak Penjelasannya!

Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum? Yuk Simak Penjelasannya!
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Mengapa terjadi pelanggaran hukum? Padahal Indonesia sendiri merupakan negara hukum.

Menurut laman resmi Kemenkumham, hukum merupakan peraturan atau norma berikut di dalamnya berupa sanksi yang tujuannya untuk menjaga ketertiban, keamanan, serta keadilan.

Sinopsis Drama Korea Sacred Divorce dengan Gendre Hukum!

Sesuai dengan Pasal 1(3) UUD 1945 disebutkan bahwa Indonesia adalah negara hukum. Poin ini merupakan suatu bentuk penegasan yang berarti segala aspek kehidupan masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan sistem negara, harus diatur oleh hukum yang berlaku.

Baca Juga:Hasil Drawing SEA GAMES 2023, Timnas Indonesia U-22 Bebas dari Grup ‘Neraka’Ditawari Gabung di Klub Arab, Lionel Messi Bakal Dapat Gaji yang Fantastis?

Namun, kita juga sering mendengar bahwa kini semakin banyak tindakan kejahatan. Sebut saja perampokan, pencurian, penculikan, hingga pembunuhan. Tentu hal-hal tersebut sangat bertentangan dengan hukum.

Polres Cianjur akan Selidiki Pelanggaran Harga Gas 3kg

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, antara lain:

1. Himpitan Ekonomi

Banyak yang mengaitkan pelanggaran hukum ini erat kaitannya dengan faktor ekonomi. Dalam kondisi dan situasi tertentu, memang seseorang pada akhirnya terpaksa bertingkah laku untuk melanggar hukum.

Wagub Uu: Nelayan Adalah Pahlawan Dalam Memenuhi Gizi Masyarakat

4. Lemahnya Penegakan Hukum

Bukan hanya dari masyarakat atau pelakunya saja, kadang lemahnya penegakan hukum pun berkontribusi dengan banyaknya pelanggaran.

0 Komentar