Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama

Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama
Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama

Siapa yang tidak mengenal Ir. Soekarno, salah satu pahlawan Indonesia yang berjuang membebaskan Negara Indonesia dari penjajahan.

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat dalam kurun waktu dari tahun 1945 sampai tahun 1967.

Memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, dan menjadi orang pertama yang mencetuskan konsep mengenai pancasila sebagai dasar Negara.

Baca Juga:Makanan Enak dan Sehat? Ice Cream Wortel SolusinyaPenurunan Motivasi Belajar Pasca Pandemi Covid-19

Nama beliau itu bukanlah nama aslinya, nama aslinya bernama Kusno namun karena sejak kecil sakit-sakitan sehingga diganti menjadi Soekarno.

Lahir di Surabaya, Jawa Timur pada hari kamis tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan bapak Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ibu Ida Ayu Nyoman Rai.

Beliau bersekolah disekolah dasar Eerste Inlandse School Mojokerto yang merupakan tempat ayahnya mengajar.

Namun Soekarno dipindahkan ke ELS (Europeesche Lagere School) agar mudah meniti jenjang pendidikan berikutnya.

Setelah selesai di ELS pada tahun 1915, beliau melanjutkan pendidikannya ke HBS (Hoogere Burber School) di Surabaya yang notabenenya di peruntukan untuk kaum eropa dan priyayi saja, tetapi beliau berhasil bersekolah disana atas bantuan dari tema ayahnya yang bernama H.O.S Tjokroaminoto.

Kemudian beliau tamat dari HBS pada tahun 1921 dan melanjutkan ke Technise Hoogeschoole Te Bandoeng atau yang sekarang dikenal dengan nama ITB (Institut Teknologi Bandung) dengan menggambil jurusan teknik sipil.

Dan akhirnya Soekarno meraih gelar insinyurnya pada tanggal 25 Mei 1926. Begitulah perjalanan pendidikan seorang legend Ir. Soekarno yang sangat berjasa bagi Negara Indonesia.

0 Komentar