Laper! Buat Cheese Stick Aja Camilan dari Kulit Lumpia.

Laper! Buat Cheese Stick Aja Camilan dari Kulit Lumpia.
Laper! Buat Cheese Stick Aja Camilan dari Kulit Lumpia.
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Laper! Buat Cheese Stick Aja Camilan dari Kulit Lumpia.

Cheese stick atau stik keju mula-mula diciptakan pada 1393 di Eropa pada abad pertengahan. Di Inggris makanan ini lebih dikenal dengan nama pipefarces. Negara – negara penghasil susu terbesar pada abad pertengahan di Eropa seperti Italia, Swiss, Prancis dan Inggris merupakan pelopor pengembangan dan pengolahan adonan keju dan produk susu lainnya.

Seiring berjalannya waktu makannan ini mulai menyebar melewati Samudra Atlantik yang kemudian menyebar ke benua Amerika hingga benua Asia.

Di Indonesia Snack Cheese Stick biasanya disajikan dengan saus sambal sebagai pelengkap atau sebagai toping tambahan pada makanan.

Baca Juga:Sinopsis Film ImperfectSinopsis Film Wednesday

Karena rasa gurih kejunya dan kerenyahan adonanya yang pas, Snack Cheese Stik sangat cocok dipadukan dengan menu utama lainnya seperti bubur ayam, nasi goreng hingga steak.

Karena cara pembuatannya yang relatif mudah dan hanya dengan sedikit bahan baku, cheese stick langsung menjadi primadona makanan ringan pada kategori “Snack”.

Berikut ini cara membuat cheese stik, simak baik-baik ya.

Bahan utama:

3 kulit lumpia

1 keju cheddar batang utuh atau

5-6 keju lembaran

Gula pasir secukupnya

Adonan tepung untuk perekat

Cara membuat

  1. Ambil kulit lumpia kemudian bagi menjadi dua sehingga berbentuk persegi panjang. Kamu juga bisa menggunakan kulit lumpia berbentuk bulat yang kerap dijual di pasar tradisional lalu bagi menjadi setengah lingkaran.
  2. Potong keju cheddar batang memanjang seperti balok-balok. Jika menggunakan cheddar lembaran bisa potong menjadi persegi kemudian ditumpuk 5 hingga 6 slice sesuai selera.
  3. Kemudian susun keju di atas kulit lumpia, cukup di salah satu sisi kulit lumpia. Sisakan ruang sekitar 1 sentimeter di sisi kiri dan kanan agar nanti kamu mudah menutup rapat kulit lumpia.
  4. Tabur gula pasir di sepanjang keju.
  5. Sebelum menggulung kulit lumpia beri perekat pada kulit lumpia. Perekat bisa berupa adonan tepung cair. Fungsinya agar kulit lumpia tertutup rapat dan minyak tidak masuk saat menggoreng cheese stick.
  6. Setelah diberi perekat, gulung kulit lumpia hingga membungkus keju dan gula. Chef Sularno membagi tips untuk tidak menggulung kulit lumpia lebih dari tiga gulungan agar teksturnya renyah saat digigit.
  7. Pastikan kulit lumpia tertutup rapat di segala sisi. Lalu goreng dalam minyak panas hingga warna kulit kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
0 Komentar