Deretan Negara di Dunia yang Melarang Adanya Apk Tiktok, Menjadi Kontroversi Penduduk Dunia!

Deretan Negara di Dunia yang Melarang Adanya Apk Tiktok, Menjadi Kontriversi Penduduk Dunia!
Deretan Negara di Dunia yang Melarang Adanya Apk Tiktok, Menjadi Kontriversi Penduduk Dunia!
0 Komentar

Untuk sementara waktu, larangan baru berlaku terhadap aparat atau perangkat pemerintah.

Hal ini mungkin akan terus berlanjut (atau bisa saja berakhir) hingga kedua belah pihak menyelesaikan masalah keamanan data pengguna yang dipersoalkan.

Kanada

Setelah pemberitahuan dari Amerika Serikat, Kanada lantas mengumumkan bahwa gadget pemerintahan tidak boleh menggunakan TikTok dengan alasan risiko privasi dan keamanan.

Baca Juga:Tips Membuat Paket Menu Nasi Kotak Harga Rp20.000an, Dijamin Untung Besar!Rekomendasi Speaker yang Enak dan Nyaring Ditelinga, Jadi Betah Dengerinnya!

Aplikasi TikTok ke depannya juga akan ditangguhkan bagi para pegawai negeri.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah masyarakat sipil juga akan terdampak atau tidak.

Uni Eropa

Para pemangku kebijakan di Uni Eropa kemudian turut melarang para staf parlemen untuk memasang aplikasi TikTok pada gadget yang berhubungan dengan pekerjaan maupun gadget pribadi.

Ketentuan tersebut berlaku per 20 Maret 2023.

Denmark

Pada 6 Maret 2023, Denmark mengumumkan akan melarang penggunaan aplikasi TikTok pada perangkat-perangkat resmi pemerintahan sebagai tindak perlindungan keamanan.

Para pegawai negeri juga diminta untuk segera menghapus media sosial tersebut dari gadget pribadi mereka jika pernah menginstal sebelumnya.

Belgia

Empat hari kemudian, 10 Maret 2023, giliran Belgia yang melarang penggunaan TikTok pada perangkat resmi pemerintahannya. Alasannya tidak jauh dari ancaman privasi dan keamanan.

Pihak TikTok sempat menyatakan kekecewaan terhadap keputusan Belgia in.

BACA JUGA :

Spesifikasi Samsung Galaxy Spek Gaming Harga Miring, Harganya Mulai 1-5jutaan Lho!

Baca Juga:Pecinta Anime Wajib Nonton IniUpdate Harga Iphone di Bulan April, Yuk Siapkan Cuan Kalian Demi SmartPhone Mewah Ini!

Perusahaan media sosial tersebut bahkan menawarkan penjelasan kepada pejabat berwenang untuk menghindari kesalahpahaman.

Britania Raya

Larangan penggunaan TikTok pada ranah parlemen maupun pemerintahan berlanjut sampai Britania Raya ikut mengambil tindakan “pencegahan”.

Laporan Pusat Keamanan Siber Nasional setempat pada 16 Maret 2023 menyebut, “Mungkin ada risiko seputar seberapa sensitif data pemerintah diakses dan digunakan oleh platform tertentu.”

Selandia Baru

Selandia Baru per 17 Maret 2023 telah memberlakukan larangan penggunaan TikTok bagi sebagian anggota kompleks parlemen mereka.

Para pejabat masih bisa membuat peraturan khusus jika mereka memang membutuhkan TikTok untuk bertugas.

Norwegia

Pada 21 Maret 2023, Menteri Hukum Emilie Enger Mehl turut merespons isu keamanan TikTok yang mencuat. Ia turut menyinggung soal penyebaran hoaks maupun disinformasi.

0 Komentar