Bacaan Doa Qunut Salat Subuh Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Qunut Salat Subuh Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

 CIANJUR EKSPRES- Doa qunut biasanya dibaca dalam salat Subuh ketika memasuki rakaat kedua. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui dan memahami bacaan doanya.

Dari segi bahasa, qunut mempunyai beberapa makna, yakni berdiri, tunduk, diam serta taat dalam doa. Membaca doa qunut biasanya setelah iktidal sebelum beranjak ke posisi sujud pertama di rakaat kedua.

Hukum membaca doa qunut adalah sunah, artinya apabila maka akan membawa keberkahan, pahala, ampunan, dan perlindungan dari Allah SWT jika seseorang mengamalkannya.

Doa Agar Terhindar dari Marabahaya

Baca Juga:5 Sifat Pria Zodiak Cancer yang Bisa Bikin Cewek BaperCara Hack Whatsapp Anti Ribet Dijamin Berhasil!

Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan Rasulullah membaca doa qunut disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat itu. Berikut adalah hadistnya:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak melakukan qunut pada sholat Subuh kecuali ketika mendoakan kebaikan atau kejelekan atas suatu kaum.” (HR Ibnu Hibban).

Ada beberapa macam doa qunut yang bisa kamu amalkan, antara lain:

1. Doa Qunut Usai Salat Subuh

Allahummah dinii fii man hadairs, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan. Tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan.

Sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Maha Tinggi.”

2. Qunut dengan Bacaan Panjang

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait.

0 Komentar