5 Mainan Jaman Dulu yang Bisa Bawa Nostalgia ke Masa Kecil

5 Mainan Jaman Dulu yang Bisa Bawa Nostalgia ke Masa Kecil
Sumber: Freepik
0 Komentar

3. Petak Umpet

Siapa sih yang enggak tahu permainan petak umpet? Cara memainkannya pun cukup sederhana dan bisa membangkitkan nostalgia masa kecil kita!

Enggak hanya menyenangkan, petak umpet pun memiliki manfaat untuk perkembangan anak, seperti untuk perkembangan motoriknya, sosial emosional, serta kemampuan bahasa dan kerja samanya.

Caranya mainnya adalah satu orang akan menjadi penjaga yang nantinya bakal mencari teman-teman lainnya yang bersembunyi di tempat yang berbeda. Jika si penjaga bisa menemukan dengan tepat orang-orang yang bersembunyi, maka dia menjadi pemenangnya

Baca Juga:Gubernur Jabar Minta Bupati dan Wali Kota Kendalikan Inflasi dengan Perbanyak Beli Produk LokalBahana TCW Dukung Proyek Pembangunan TPPAS Regional Lulut Nambo

4. Kelereng

Kelereng punya nama lain yakni gundu. Bentuknya adalah bulat kecil seperti kaca bening dan memiliki motif yang beragam.

Sebelum Lato-lato Beberapa Permainan Ini Pernah Viral.

Permainan kelereng biasanya dilakukan di halaman atau di lapangan yang luas. Nantinya sang pemain harus menjentikkan gundu ke arah kelereng lawan. Apabila ada kelereng milik lawan yang terkena dengan kelerengmu, maka otomatis gundu itu jadi milikmu.

Sebenarnya permainan ini bisa dimainkan cukup dengan dua orang saja. Namun semakin ramai orang, justru bisa semakin asyik loh!

5. Layangan

Mainan jaman dulu lainnya yang hingga saat ini masih bisa kamu mainkan adalah layangan. Layangan sendiri biasanya terbuat dari kerangka bambu dengan dibalut dengan kertas.

Lalu layang-layang ini dikaitkan dengan senar tali yang panjang serta nantinya bisa diterbangkan ke atas dengan jarak yang jauh. Apalagi kalau cuaca sedang cerah dan kondisi angin yang baik, layangan ini semakin bisa terbang tinggi dan stabil.

Itulah dia beberapa mainan jaman dulu yang bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu luangmu. Yuk, kita mulai lestarikan lagi berbagai permainan tradisional khas Indonesia ini!

 

0 Komentar