Jaga Ketahanan Pangan, Desa Sukasirna Cianjur Bangun Leuit

Jaga Ketahanan Pangan, Desa Sukasirna Cianjur Bangun Leuit
LEUIT: Pemerintah Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, sengaja membangun Leuit atau lumbung penyimpanan padi sebagai cadangan beras desa. (Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Pemerintah Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, membangun tiga buah leuit atau lumbung padi untuk menyimpan hasil panen warga.

Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa setempat dalam program ketahanan pangan.

Baca Juga: Air Terjun Panas Sukasirna yang Konon Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit
Pantauan Cianjur Eskpres pada Selasa (14/2), ketiga leuit tersebut dibangun berjejer di samping Kantor Desa Sukasirna.

Baca Juga:Air Terjun Panas Sukasirna yang Konon Bisa Sembuhkan Beragam PenyakitPenantian Puluhan Tahun Warga Mimpikan Jalan Mulus Segera Terwujud

Kepala Desa Sukasirna, Habib Latif, mengatakan, keberadaan leuit tersebut berfungsi sebagai cadangan beras desa untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Bisa jadi solusi ketika ada musibah, untuk sosial saja tidak jual beli. Dulu pernah ada kebakaran, habis, kita keluarin (padi,red),” katanya kepada wartawan, Selasa (14/3).

Latif mengungkapkan, satu leuit mampu menampung padi 10 ton. Jika ditotalkan, ketiga leuit tersebut mampu menampung sekitar 30 ton padi.

Dirinya mengatakan, padi yang disimpan di ketiga leuit tersebut berasal dari lahan persawahan atau tanah milik pemerintah desa yang digarap oleh warga.

“Sisa hasil panen dimasukin ke leuit,” tandas Latif.(hyt)

0 Komentar