Air Terjun Panas Sukasirna yang Konon Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit

Air Terjun Panas Sukasirna yang Konon Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit
AIR TERJUN: Tampak Air Terjun Panas yang berlokasi di Kampung Sindang Rama, Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur miliki khasiat bisa menyembuhkan beragam penyakit.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, ternyata memiliki air terjun ‘Curug’ air panas alami. Selain menjadi destinasi wisata, konon memiliki khasiat mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini berlokasi di Kampung Sindang Rama. Pusat atau kawah air panas berada di atas air terjun.

Kepala Desa Sukasirna, Habib Latif, mengatakan, air terjun tersebut memiliki tujuh titik sumber air panas yang salah satunya langsung dari kawah dengan tingkat panas mencapai 70 hingga 80 derajat.

Baca Juga:Penantian Puluhan Tahun Warga Mimpikan Jalan Mulus Segera TerwujudElektabilitas Anies Ungguli Ganjar dan Prabowo

“Disini tidak ada gunung yang aktif dan menurut penelitian secara lokal, mungkin ke arah laut karena di batas desa adalah satu warga yang bikin sumur, airnya itu panas. Jadi kemungkinan besar alurnya itu ke arah Pantai Selatan,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Selasa (14/3).

Bahkan, dia mengungkapkan, air terjun tersebut memiliki mitos bisa menyembuhkan beragam penyakit.

“Banyak pendatang yang berkunjung hanya cuma ikut mandi saja, ada yang sakitnya asam urat, rematik sebagainya termasuk gatal,” kata Latif.

Menurutnya, debit air terjun tersebut pada saat musim kemarau semakin besar dan panas yang langsung keluar dari bebatuan di kawahnya.

“Kami sudah garap dengan dana masih terbatas karena punya konsep untuk menjadikan desa wisata, jadi anggaran dana desa mungkin kedepannya juga bisa diarahkan ke situ untuk meningkatkan potensi yang dimiliki desa,” katanya.

Pemerintah Desa Sukasirna sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berisikan pemuda dan masyarakat untuk mengelola wisata air terjun tersebut di bawah BUMDes.

“Sementara kami buatkan gazebo sederhana dan kolam renang ukuran 6×15 meter dan satu lagi (kolam,red) kecil untuk pengobatan,” tutur Latif seraya mengatakan pada hari biasa yang yang berkunjung terlebih akhir pekan.

Baca Juga:Penataan dan Pemeliharaan Kawasan Masjid Raya Al Jabbar DiperpanjangSiap-siap, Sinergi PLN-Himbara Bakal Permudah Masyarakat Miliki Motlis

Latif berharap, Pemerintah Kabupaten Cianjur mendukung kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wisata air terjun panas tersebut.

“Kami mohon Bupati mendukung kegiatan untuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wisata itu (air terjun, red),” tandasnya.(hyt)

0 Komentar