Beberapa Fakta Sejarah Alun-Alun Cianjur!

Beberapa Fakta Sejarah Alun-Alun Cianjur
Beberapa Fakta Sejarah Alun-Alun Cianjur
0 Komentar

CIANJUREKSPRESBACA JUGA: Beberapa Fakta Sejarah Alun-Alun Cianjur

Alun-alun cianjur menjadi ikon utama di kota kecil sejuta cerita.

Dengan berbagai fasilitas dan ornamen pendukunglainnya, alun alun cukup mengundang banyak warga untuk berdatangan dan menjadi tempat favorit untuk kumpul bersama teman, keluarga dan juga orang terkasih.

Selain tempat nya yang menjadi panorama khas cianjur, ada beberapa fakta tentang alun alun cianjur, yu simak!

1. Alun-alun ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo

alun alun ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, orang nomor satu di Indonesia dan menjadi tempat favorit baginya.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Leo 10 Maret 2023Rekomendasi Bisnis Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Bahkan Presiden Jokowi mengatakan bahwa alun-alun bukan hanya berfungsi sebagai sebuah kota saja, tetapi harus menjadi ruang sosil, ruang budaya yang menggambarkan peradaban juga.

2. Berdiri di Pusat Perkotaan

Alun alun ini terletak di pusat perkotaan Kabupaten Cianjur, yang terletak tepat di kelurahan Pamoyanan, kecamatan Cianjur.

Alun alun ini juga dikelilingi beberapa tempat bersejarah seperti Pendopo Pemkab Cianjur, Mesjid Agung Cianjur, Gedung Dewan Kesenian Cianjur, Kantor Pos Cianjur, Kantor Pegadaian Cianjur, dan deretan pertokoan, dan banyak jalan akses lain yang mudah dijangkau bahkan lokasi nyapun mudah untuk ditemukan.

3. Mencerminkan 3 Pilar Budaya Cianjur

Beberapa ornamen ini mencerminkan 3 pilar budaya yaitu ngaos, mamaos dan maenpo. Bahkan tak hanya mencerminkan 3 pilar saja di tengah alun-alun cianjur terdapat tugu Al-Qur’an dengan kolam yang mnyerupai perahu yang dilengkapi air mancur dan lampu hias.

Selain itu terdapat 99 Asmaul-husna yang menggambarkan budaya ngaos atau sering disebut tradisi mengaji, sedangkan pada area taman terdapat bangunan yang melambangkan unsur seni budaya yang menggambarkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Dan unsur maenpo merupakan seni pencak silat yang mendeskripsikan keterampila dan ketangguhan dengan cara membaca gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan.

4. Mirip Bangunan Lama di Kota Roma

0 Komentar