Berikan Kontribusi untuk Kemajuan Daerah, IPDN Terjunkan 1.627 Siswa

Berikan Kontribusi untuk Kemajuan Daerah, IPDN Terjunkan 1.627 Siswa
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sebanyak 1.627 orang satuan praja utama IPDN melaksanakan kegiatan praktik lapangan IV (PL IV) di daerah asalnya. Kegiatan tersebut guna membantu pemerintah daerah ciptakan inovasi untuk diimplementasikan di seluruh daerah Indonesia.

Rektor IPDN, Hadi Prabowo menyebut, kegiatan PL IV merupakan program pembelajaran praktik pada dunia kerja nyata, karena melalui kegiatan tersebut praja dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan empirik pada lokasi pelaksanaan praktik lapangan.

“Nantinya praja dapat memberikan kontribusi berupa inovasi-inovasi yang dapat diimplementasikan demi kemajuan daerah tersebut,” tutur Hadi dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:Ajang F1 Powerboat, PLN Siapkan Listrik Bersih Tanpa Kedip dari Pembangkit Mikro HidroPandemi Berakhir, OJK Jaga Optimisme Pertumbuhan Ekonomi

Hadi menambahkan, setiap tahunnya IPDN memberikan tema yang berbeda untuk kegiatan praktik lapangan, tahun ini tema yang diangkat ialah “Melalui Praktik Lapangan IV, Kita Tingkatkan Kompetensi Praja Dalam praktik Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Digital Service”.

“Tema inilah yang nantinya akan dijabarkan oleh praja utama dalam setiap kegiatan dan inovasi yang diciptakan di daerah tempat mereka melakukan praktik lapangan,” imbuhnya.

Beberapa inovasi yang diciptakan oleh praja IPDN, lanjut Hadi, seperti terkait peningkatan SDM di pedesaan, penjaringan suara partisipasi dari masyarakat melalui akun sosial media OPD, implementasi Computer Security Insident Response Team, pembuatan website daerah, pembentukan aplikasi public service center dan lain sebagainya.

“Dengan adanya praktik lapangan ini, saya harap skill dan kompetensi praja dapat terasah dengan baik karena langsung dihadapkan dengan permasalahan nyata di lapangan, sehingga kemampuan komunikasi dan koordinasinya pun terasah”, ujarnya.

Hadi mengingatkan, bahwa pemerintahan saat ini mulai bergeser kearah pemerintahan digital jadi praja harus mampu bersaing dan menyesuaikan diri terhadap dinamika.

0 Komentar