Pemkab Cianjur Cari Lahan Baru untuk Relokasi

Pembangunan Huntap Relokasi Tahap II di Mande Cianjur Sudah Selesai, Tapi Belum Diserahterimakan
Juru bicara (Jubir) Tim Penanganan Bancana Gempa Bumi Cianjur, Budhi Rahayu Toyyib mengungkapkan, lahan yang berada di Batu Lawang tersebut merupakan tanah eks HGU MPM. (dik)
0 Komentar

Sementara itu, terkait lahan cadangan, Pemda Cianjur sedang menginventarisasi terkait lahan Pemda maupun juga lahan eks HGU. Namun yang menjadi permasalahan jangan sampai terlalu jauh.

“Kan kita misal punya di selatan, kan kasihan masyarakat terlalu jauh relokasinya. Seperti di Cibinong kan ada, tapi masa harus sangat jauh lokasi untuk relokasi,” jelas dia.

“Makannya kita sangat ingin masih berada di Cianjur utara lah, semacam Mande. Sementara untuk di Cianjur selatan tidak ada, paling yang ada juga di Cilaku, yang rencana untuk stadion. Tapi kan itu sudah dulu untuk stadion di sana,” sambungnya.

Baca Juga:Jadwal Persib Vs Bali United Hari IniBUMN Buka 10 Lowongan Kerja di PT ASDP

Budhi mengungkapkan, dalam relokasi ini Pemda Cianjur juga sudah mencoba melakukan pendataan ketika yang warga yang direlokasi itu pekerjaannya bisa ikut pindah atau tidak ke tempat baru.

“Maksud pindah ini kita latih sesuai dengan kondisi lahan yang baru di sana. Misal di sana lebih banyak kepada pertanian, apakah bisa tidak mereka juga di sana menjadi pedagang atau apa melalui pelatihan-pelatihan yang rencana diadakan oleh Disnakertrans,” ungkap Budhi.

Termasuk yang ke Cilaku, lanjut dia, bukan hanya memindahkan orangnya, namun juga memindahkan kebutuhan hidup mereka di sana. Sementara itu, terkait relokasi, Pemda menginginkan sebelum lebaran sudah beres.

“Kalau Mande sekarang dari 151, dua per tiga-nya sudah beres. Penyerahannya secara bertahap, nanti Cilaku dulu, Cilaku sekarang dalam progres SK Bupati. Siapa-siapa kemarin yang duluan mengajukan relokasi by name by adres,” terangnya.

“Yang di Cilaku kalau SK sudah keluar, minggu depan sudah bisa di panggil yang akan menempatinya, lalu nanti diserahkan kuncinya. Karena ini harus serah terima kunci dari Kemen PU dulu ke kita, kan aset mereka itu. Kalau ini sudah beres kita lanjut ke Mande,” pungkasnya. (dik)

0 Komentar