Ciri Penipu Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Pinjol ilegal
Pinjol ilegal
0 Komentar

Website-website yang sering dipalsukan adalah bank, online shop, dan sejenisnya, di mana korban biasanya sering memasukkan informasi sensitif di atas.

Sebenarnya jika dicermati lebih teliti, website-website palsu ini nggak sulit kamu kenali karena menggunakan domain yang berbeda dari aslinya. Selain itu biasanya websitenya pun nggak sama persis dengan situs aslinya.

BACA JUGA : Pinjol Aman dan Cepat Cair Ditahun 2023, Dijamin Lolos Verifikasi

5. Mendapat Tagihan Palsu

Modus yang satu ini juga cukup marak terjadi beberapa waktu belakangan. Metodenya adalah korban tiba-tiba mendapat telepon dari nomor nggak dikenal atas nama perusahaan fintech resmi yang menagih pembayaran pinjaman.

Baca Juga:Pinjol Ilegal yang Masih Aktif dan Terbaru Ditahun 2023Jadwal Tayang One Piece Episode 1051-1053 Beserta Judul dan Link Nonton

Selain telepon, tagihan palsu ini juga bisa melalui SMS atau pesan WhatsApp. Jangan panik dulu kalau ini terjadi pada kamu, karena oknum yang berniat mengambil keuntungan ini lihai memanfaatkan kondisi demikian.

Alhasil si korban bersedia transfer sesuai jumlah yang diminta oknum yang bersangkutan.

6. Social Engineering

Tujuan modus social engineering sama dengan pharming yaitu untuk mendapatkan data-data pribadi korban, termasuk akun mobile banking, kata sandi, dan one time password (OTP) e-wallet atau platform keuangan digital lain.

Namun alih-alih menggunakan website palsu, oknum bertindak dengan memanipulasi pikiran korban, lho. Contohnya, menelpon korban di jam sibuk dan mengaku sebagai pihak berwenang yang membutuhkan data-data pribadinya.

Aktivitas human hacking ini kerap berlangsung ketika korban sedang nggak fokus, misalnya ketika sedang bekerja, sehingga tanpa berpikir panjang langsung memberikan informasi berharganya.

Daftar Pinjol Ilegal Terbaru Pada Website OJK

Lalu pinjol ilegal apa saja yang patut diwaspadai? Secara teratur, OJK selalu merilis daftar perusahaan fintech abal-abal hasil temuan Satgas Waspada Investasi. Berikut ini informasinya sebagai referensi buat kamu agar nggak sampai jadi korban.

1. ALI Uang – Pinjaman Uang Tunai Mudah Flash Cepat
2. Apelbox
3. Approved loans(Personal and Business Loans)
4. Bad credit loans – Cash Advance & Borrow money
5. Badak Kilat
6. BayarHelper – Pinjaman Uang Cepat
7. Cahayamu
8. Cashbus – Pinjaman Uang Tunai Online Cepat
9. Cashe – Pinjam Uang Cepat & Dana KTA Kilat

0 Komentar