5 Tips Gaya Hidup Sehat dengan Sederhana

5 Tips Gaya Hidup Sehat dengan Sederhana
5 Tips Gaya Hidup Sehat dengan Sederhana
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gaya hidup sehat adalah kegiatan menerapkan pola hidup yang baik dan seimbang guna menghasilkan kehidupan yang sehat secara fisik, mental, maupun sosial. Dengan gaya hidup sehat seseorang akan terhindar dari risiko penyakit yang muncul pada tubuh.

Hidup sehat didapatkan dari kebiasaan pola hidup dan pola makan yang sehat. Bukan hanya konsumsi makanan sehat setiap hari, namun penting juga untuk mengelola stres, olahraga, meminimalkan kebiasaan buruk, menjaga kualitas tidur, dll.

Meski cara hidup sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, hidup sehat mempunyai banyak manfaat seperti membantu Anda menjaga berat badan dan meningkatkan energi. Anda juga dapat mencegah terjadinya penyakit serius bila menjalani gaya hidup sehat.

Dibawah ini Tips Cara Hidup Sehat yang Sederhana dan Mudah:

1. Makan Sehat dan Diet Seimbang

Baca Juga:Lirik Lagu Terbaru Admesh – Putus Tapi Cinta5 Resep Menu Makan Siang Sederhana, Dijamin Menggugah Selera

Kunci utama hidup sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi harian. Nutrisi dalam tubuh berguna agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Apabila fungsi organ tubuh normal, maka risiko penyakit kronis pun menurun.

2. Mengatur Jadwal dan Porsi Makan

Setelah Anda sudah berkomitmen untuk mengonsumsi makanan sehat, selanjutnya Anda harus mengontrol porsi makan dan jadwal makan yang teratur. Sebagai contoh, jangan makan berlebihan. Mengatur porsi makan akan membantu Anda untuk membatasi asupan kalori harian.

Berikut ini beberapa tips untuk mengontrol porsi makan Anda:

Gunakan piring yang lebih kecil.
Hitung kalori makanan sebelum mengonsumsinya. Total jumlah kalori harian yang dianjurkan adalah 2.000 kalori untuk wanita dan 2.500 untuk pria.
Contoh porsi yang sesuai adalah 100 g daging, sepotong buah ukuran sedang, dan setengah cangkir pasta.
Bila makan di luar, Anda dapat berbagi porsi dengan teman Anda.

Sementara itu, berikut ini jadwal makan yang dianjurkan: Sarapan sekitar 7-8 pagi.
Makan siang sekitar jam 11-12 siang.
Makan malam sekitar jam 6 sore atau setidaknya 3 jam sebelum tidur. Bila masih lapar, Anda dapat makan cemilan sehat seperti smoothie, buah pisang atau apel, kacang-kacangan, atau yogurt.

0 Komentar