5 Tips Belajar Efektif, Memahami Materi

Tips Belajar
5 Tips Belajar Efektif, Memahami Materi
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tips Belajar, Belajar adalah suatu proses kognitif. Definisi belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap, sehingga peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang baru dan dapat meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari kurang baik menjadi baik.

Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar (siswa), sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respons tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

BACA JUGA : 24 Januari Hari Pendidikan Internasional, Chek Sejarahnya

Berikut ini adalah tips belajar:

Tips Belajar Efektif, simak dibawah ini

1.Atur Jadwal Belajar

Baca Juga:5 Tips Gaya Hidup Sehat dengan SederhanaLirik Lagu Terbaru Admesh – Putus Tapi Cinta

Buatlah jadwal belajar rutin selama 1 sampai 2 jam setiap harinya. Misalnya, kamu harus belajar setiap jam 7-9 malam saat weekday (senin sampai jumat). Kemudian, buat jadwal belajar yang lebih singkat saat weekend, yaitu mulai jam 8-9 pagi.

2. Gaya Belajar Sesuai Nyaman

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu juga perlu menemukan gaya belajarmu sendiri.

Meski agak sulit dan terkadang selalu berubah-ubah, tetapi kalau sudah memahami polanya pasti semua pekerjaan akan berasa lebih mudah. Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah mencoba gaya belajar yang baru untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Belajar Berulang Kali

Tips berikutnya adalah belajar secara berulang kali. Artinya belajar selama jangka waktu tertentu tetapi kamu lakukan secara berkala atau berkali-kali.

Maksimalkan waktu selama 5-10 menit untuk duduk dan fokus mempelajari materi selama setiap hari dalam seminggu.

4. Membuat Rangkuman Semenarik Mungkin

Pelajari secara manual di buku catatan akan membuat kamu lebih memahami materi tersebut.

0 Komentar