Gempa Susulan Telan Korban, BMKG Tak Cabut Imbauan

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Gempa susulan telan korban, BMKG tak cabut imbauan. Karena, hingga saat ini belum ada arahan untuk mencabut rekomendasi pulang kerumah bagi warga yang alami rusak ringan dan sedang akibat bencana.

Meskipun gempa susulan telan korban dan berkekuatan 4.4 magnitudo terjadi pada Selasa 24 Januari 2023 dini hari tadi, kembali memakan korban. Namun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tak cabut imbauan pulang ke rumah bagi warga yang alami kerusakan rumah akibat gempa 5.6 pada 21 November lalu.

Baca Juga: Empat Orang Luka-luka Akibat Gempa Susulan 4,4 Magnitudo di Cianjur

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengungkapkan pasca gempa susulan telan korban. Namun hingga kini pihaknya mengaku belum ada arahan untuk mencabut rekomendasi pulang kerumah bagi warga yang alami rusak ringan dan sedang akibat bencana.

“Sampai saat ini belum ada arahan dari pimpinan. Tapi kemungkinan tidak (dicabut) karena ini gempa susulan,” ujar Teguh Rahayu saat dihubungi.

Baca Juga: Gegara Gempa Susulan 4.4 Magnitudo, Warga Memilih Kembali ke Tenda Pengungsi

Menurutnya, aktivitas gempa susulan merupakan hal yang wajar dan jumlah juga kekuatannya fluktuatif. Menurutnya, korban yang ditimbulkan akibat gempa susulan, karena diperkirakan proses pemeriksaan rumah rusak akibat bencana tidak dilakukan secara detail.

“Yang rusak (lagi) itu mungkin ga detail periksanya dan dipaksakan kembali (ke rumah),” ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Susulan 4.4 Magnitudo Kembali Memakan Korban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *