Faktor Yang Menyebabkan Kapal Tenggelam

salah satunya Hantaman Gelombang Air Laut

Faktor Yang Menyebabkan Kapal Tenggelam,  seperti Tenggelamnya  Kapal wisata di Labuan Bajo pada Sabtu 21 Januari 2023, tenggelam diperairan Batu Tiga Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang diduga disebabkan oleh Hantaman gelombang Air laut. Menghimbau kita untuk selalu berhati hati, ada banyak Faktor Yang Menyebabkan Kapal Tenggelam

  1. Muatan yang berlebihan

Tiap kapal selalu mempunyai kapasitas maupun batas muatan yang bisa di tampung oleh sebuah kapal. Hal ini supaya kita tidak melebihi kapasitas yang ada, agar tetap aman dan mengurangi resiko tenggelam. Oleh karena itu, kapal harus menampung dengan batas yang sudah ditentukan.

  1. Faktor Cuaca

Faktor Cuaca sangat mempengaruhi loh, Cuaca yang buruk sering menjadi fakor utama mengapa kapal bisa tenggelam. Ombak yang tinggi dan hempasan angin yang membawa ombak tersebut, sering mengakibatkan kebocoran pada kapal. Hal ini sangat fatal da perlu diperhatikan ya!

  1. Lintasan yang Aman

Lintasan atau medan laut juga mempengaruhi perjalanan serta keamanan dari sebuah kapal, kondisi lautan yang sangat penuh dengan karang, gunung es dan batuan itu sangat mengganggu kapal berlaju. Sehingga lintasan perlu diperhatikan agar membuat perjalanan kapal bisa aman dan selamat.

  1. Keadaan kapal

Kondisi kapal sangat perlu diperhatikan, hal ini mejadi penentu keselamatan banyak orang. Pastikan jika kapal selalu dalam pengawasan dan perawatan yang baik, sehingga tidak ada bagian yang mengalami masalah. Jangan lupa untuk selalu memeriksa setiap mesin dan pastikan berjalan dengan baik dan lancer.

  1. Nahkoda

Nahkoda merupakan pengemudi kapal yang tak kalah penting. Otak dari berjalannya  suatu kapal terletak pada pengemudi,  Nahkoda bertanggung jawab dalam menentukan keputusan dan menyelamatkan kapal serta orang orang yang ada didalamnya. Karena pengaruh nakoda yang begitu penting Nahkoda harus mengambil keputusan yang sangat masuk akal apa lagi untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *