Mengenal Apa Itu Resesi

Dampak Dan Cara Mencegah Resesi

Belakangan ini masyarakat Indonesia diramaikan dengan Resesi 2023, banyak Lembaga internsional maupun nasional menyebutkan bahwa ancaman akan muncul di tahun ini. Masyarakat Indonesia tentunya harus Mengenal Apa Itu Resesi.

Resesi adalah suatu istilah yang menggambarkan keadaan ekonomi suatu negara mengalami perputaran sehingga perubahan itu berdampak menjadi lambat dan buruk. perputaran dari Resesi ini bisa berlangsung cukup lama sehingga terjadinya Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) selama dua kuartal atau lebih dari satu tahun.

Singkatnya resesi adalah terjadinya kemerosotan kondisi ekonomi sebuah negara yang bisa berlangsung selama berbulan bulan maupun bertahun tahun.

Ada banyak dampak yang disebabkan oleh resesi itu sendiri, diantaranya:

  1. Perlambatan Ekonomi

Perlamabatan ekonomi berpengaruh terhadap pemerintah, karena minimnya lapangan kerja sehingga kondisi masyarakat akan memburuk dan pemerintah ikut dituntut untuk membuka lapangan kerja sebanyak banyaknya.

  1. Pendapatan Pajak Dan Non Pajak Menjadi Rendah

Tentu saja, dampak kedua yang disebabkan oleh Resesi membuat pendapatan pajak dan non pajak akan turun drastis, karena kondisi masyarakat yang terbilang cukup memburuk sehingga semua harga property pun menurun.

  1. Penjaminan Kesehatan Masyarakat

Karena minimnya lapangan pekerjaan, pemerintah sudah pasti akan dituntut untuk memperhatikan Kesehatan masyarakat, hal ini pun tidak menutup kemungkinan pemerintah akan mengalami kekurangan dan kerugian sehinnga utang negara pun akan semakin meningkat.

  1. Turunya kinerja Investasi

Resesi itu sendiri merupakan proses penurunan ekonomi sebuah negara, sehingga para investror akan mengarahkan inevstastinya ke tempat yang tergolong lebih aman.

  1. Pemutusan Hubungan Kerja

Karena ekonomi yang tidak stabil membuat semua perusahaan harus meminimalisir karyawan yang ada, maka dari itu akibat dari Resesi ini membuat para karyawan akan mengalami PHK.

Ada banyak dampak yang di akibatkan dari Resesi, hal ini membuat seluruh masyarakat dan banyak perusahaan akan sangat dirugikan, Oleh sebab itu selalu ada pepatah yang mengatakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *