Launching Pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter

Launching Pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Padepokan Seni Penca Daya Sunda Kabupaten Cianjur, pimpinan Bapak Jajat Sudrajat, S.Pd bekerjasama dengan Komite 3 Pilar Budaya Cianjur dan Himpunan Pusaka Wargi Cianjur (HWPC) yang diketuai oleh Bapak Raden Sulaeman mengadakan Launching Pelatihan Ibing Pencak Silat Tradisi Berbasis Pendidikan Karakter.

Langkah ini juga sebagai bentuk pelaksanaan pelestarian, pengembangan, pembinaan dan pemberdayaan seni budaya Jawa Barat dan Ciri khas Cianjur khususnya seni bela diri Maenpo dan atau Pencak Silat.

Pelatihan yang diikuti oleh peserta dari siswa/i tingkat SMP/MTS dan SMA/K/MA dan Guru-guru Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur selama 2 (dua) hari, mulai Sabtu dan Minggu 21-22 Januari 2023 di Gedung Al Mutmainah, Desa Kertasari.

Baca Juga:Klinik Jantung Hasna Medika Cianjur Resmi Beroperasi, Ini FasilitasnyaKang Emil Resmikan Situ Gede Bogor, Tampilannya Makin Glowing dan Eksotis

Ketua Padepokan Seni Penca Daya sunda Kabupaten Cianjur dan Ketua Panitia Pelaksana, Jajat Sudrajat, dalam sambutannya melaporkan, bahwa pelatihan perdana ini diikuti oleh lebih dari 100 siswa/i dari tingkatan SMP/MTS dan SMA/K/MA se Kecamatan Sindangbarang.

“Pelatihan serupa juga akan dilaksanakan dibeberapa Kecamatan yang ada di wilayah Cianjur, seperri Naringgul, Cikadu, Leles, Agrabinta dan lainnya,” ujar Jajat dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Ketua Komite 3 Pilar Budaya Cianjur dan juga selaku Ketua Umum Himpunan Wargi Pusaka Cianjur (HWPC) sangat mengapresiasi sekali dengan diadakannya pelatihan ibing pencak silat tradisi ini.

“Ini sejalan dengan telah di Perdakannya 3 Pilar Budaya Cianjur (Ngaos Mamaos dan Maenpo) dan Perbup tentang Petunjuk Pelaksanaan 3 Pilar Budaya Cianjur dengan pendidikan muatan lokalnya, khususnya di bidang seni bela diri Pencak Silat/Maenpo” ujar kang Sule sapaan akrabnya.

“Kami berharap kegiatan seni budaya pun bisa dilaksanakan di tiap desa di setiap Kecamatan di Kab. Cianjur, sehingga kegiatan pelestarian seni budaya akan semakin berkembang pesat, ” tambah kang Sule.

Sedangkan Rustandi MP yang mewakili Camat Sindangbarang mengatakan, sangat menyambut baik dan mendukung sekali kegiatan pelatihan ini.

“Terkait dengan kegiatan seni budaya i setiap desa akan kami coba sampaikan kepada Pak Camat agar kembali dikoordinasikan dengan para Kepala Desa di Kecamatan Sindangbarang ini. Semoga semuanya mempunyai motivasi dan niat yang sama untuk secara bersama agar kegiatan seni budaya bisa berjalan di setiap desa,” ujar Rustandi.

0 Komentar