Plus Minus Permainan Lato-lato

Plus Minus Permainan Lato-lato. (net)
Plus Minus Permainan Lato-lato. (net)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Plus minus permainan lato-lato mulai diperbincangkan. Mainan lato-lato yang kembali viral di Indonesia dapat menimbulkan luka pada anak.

Sebagian orang menganggap, ada beberapa dampak plus minus permainan lato-lato diantaranya dinilai menggangu karena berisik, selain itu juga dapat melukai mata maupun anggota tubuh lainnya. Salah satu contoh kasus, anak berusia 5 tahun di Sukabumi dilarikan ke rumah sakit lantaran luka sobek di bagian bibir akibat terkena mainan lato-lato.

Meski demikian, tahukah kamu plus minus permainan lato-lato tidak selalu berdampak negatif bagi anak-anak, karena selain berunsur negatif juga terdapat dampak positifnya.

Baca Juga:Netizen Minta Erick Thohir Pinang Ratu TishaDalam Setahun 238.226 Konten Negatif Diblokir

Salah satu manfaat yang kentara semenjak lato-lato menjadi tren dan diminati kalangan anak-anak adalah mereka mempunyai hobi baru bermain lato-lato.

Secara tidak langsung, anak-anak telah mengurangi ketergantungan bermain gadget dan sedikit terhindar dari potensi negatif terlalu sering bermain gadget.

Berikut ini, sejumlah dampak positif dan dampak negatif permainan lato-lato yang perlu diketahui!

Berikut ini 8 dampak positif bagi anak-anak yang bermain lato-lato:

  1. Mengurangi kecanduan gadget dan game online pada anak.
  2. Anak menjadi mengenal permainan tradisional.
  3. Anak menjadi lebih sering bermain dengan temannya, sehingga adanya interaksi sosial.
  4. Mengembangkan karakter tidak putus asa pada anak / berpotensi memunculkan sikap kompetitif yang mendorongnya untuk mencapai target hingga sukses.
  5. Menstimulus kemampuan motorik anak.
  6. Meningkatkan fungsi koordinasi antara kemampuan kognitif dan motorik anak.
  7. Melatih fokus dan konsentrasi anak.
  8. Permainan lato-lato juga dapat menjadi healing, karena mampu membuat anak-anak melepaskan stress hingga merasa senang saat memainkan lato-lato.

Pendapat Ketua Program Studi Sosiologi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Mengenai Lato-lato

Ketua Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Hery Wibowo, S.Psi., M.M., mengungkap fakta sosiologis dari permainan lato-lato dilihat dari sisi positifnya.

Hery menjelaskan bahwa permainan lato-lato mampu membangun interaksi sosial.

0 Komentar