Musim Hujan Bukan Halangan Bagi Pendaki Gunung, Ini Tips Naik Gunung Kala Hujan

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Musim hujan bukan halangan bagi pendaki gunung, untuk melakukan hobi yang belakangan kembali digemari kalangan muda-mudi karena dianggap menarik dan menyenangkan.

Memasuki musim hujan bukan halangan bagi pendaki gunung, nyatanya sebagian para penghobi petualangan ini masih beraktifitas seperti biasa.

Baca Juga: 5 Hobi yang Bisa Jaga Kesehatan Tubuh, Ada Memasak Hingga Mendaki

Mendaki gunung merupakan salah satu alternatif untuk melepas penat apabila ingin berwisata alam. Yang sudah barang tentu musim hujan bukan halangan bagi pendaki gunung.

Untuk melakukan hobi berpetualang di pegunungan di kala musim hujan, tentunya membutuhkan persiapan khusus.

Baca Juga: Penghobi Aquascape Cianjur Adu Kreativitas

Berikut tips untuk mendaki gunung di musim hujan, seperti dikutip dari disway.id: 

1. Persiapkan peralatan yang cukup 

Selama musim hujan, cuaca sangat tidak stabil dan dapat berubah dengan cepat. Persiapkan peralatan seperti tenda yang tahan air, pakaian yang cukup tebal dan kering, sepatu gunung yang baik, serta perlengkapan pemanas yang cukup.

2. Cek cuaca dengan hati-hati

Pastikan anda mengupdate ramalan cuaca sebelum berangkat dan tetap memantau perkembangan cuaca selama perjalanan.

3. Persiapkan jalur pendakian yang baik 

Selama musim hujan, jalur pendakian mungkin lebih licin dan berbahaya. Pastikan anda memilih jalur yang aman dan tersedia pemandu gunung yang berpengalaman untuk menjadi pemandu anda.

4. Bersiap untuk kemacetan: 

Kemacetan pada jalur pendakian dapat terjadi karena cuaca buruk. 

Pastikan Anda mengambil jalur pendakian yang lebih sedikit ramai dan mempersiapkan diri dengan cukup makanan dan minuman untuk keperluan yang tidak terduga.

5. Bawa perlengkapan untuk mengatasi air:

Pada musim hujan, air dapat menjadi masalah besar. 

Bawa perlengkapan seperti payung atau jaket hujan untuk melindungi diri dari hujan dan bawa tas impermeable untuk menyimpan barang-barang yang penting agar tidak basah.

6. Jangan lupakan perlindungan: 

Musim hujan dapat meningkatkan risiko infeksi. Bawa obat-obatan dasar seperti obat flu dan pastikan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan selama pendakian.

7. Siapkan fisik: 

Selama musim hujan, cuaca yang buruk dapat membuat pendakian lebih sulit. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan cukup olahraga dan latihan sebelum berangkat.

8. Bersikap fleksibel: 

Jangan terlalu keras kepala untuk mencapai puncak. jika cuaca buruk atau kondisi lain membuat pendakian tidak aman, jangan ragu untuk memutuskan untuk kembali. Selalu ingat bahwa keselamatan adalah hal utama.

Secara umum, mendaki gunung saat musim hujan dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan bijak dan hati-hati. 

Namun, jika kita melakukan persiapan dengan baik dan termasuk membawa peralatan yang sesuai, pengalaman mendaki gunung akan tetap aman dan menyenangkan meskipun dilakukan kala musim penghujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *