Jemaah Haji Indonesia Tahun ini Tak Dibatasi Usia

Jemaah Haji Indonesia Tahun ini Tak Dibatasi Usia. (pixabay)
Jemaah Haji Indonesia Tahun ini Tak Dibatasi Usia. (pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Jemaah haji Indonesia tahun ini tak dibatasi usia. Hal tersebut terungkap, setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah tengah menyepakati kuota penyelenggaraan Haji 1444 H/2023 M.

“Saya telah menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah,” kata Yaqut dalam keterangannya di Jeddah, dikutip dari disway.id, Senin 9 Januari 2023. Salah satu klausul dalam kesepakat adalah jemaah haji Indonesia tahun ini tak dibatasi usia.

Selain jemaah haji Indonesia tahun ini tak dibatasi usia, juga disepakati jumlah kuota jemaah haji reguler, jemaah haji khusus, dan kuota petugas pendamping.

Baca Juga:Indonesia Berpengalaman Lawan VietnamKabar Beli BBM Subsidi Hanya di Satu SPBU ‘Hoax’

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” imbuhnya.

Selain tentang kuota, Yaqut menambahkan, kesepakatan ini mengatur pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah.

“Kemudian, beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji,” ujarnya.

Yaqut juga memastikan, penyelenggaraan haji tahun ini tidak adanya pembatasan usia seperti saat pandemi, di mana usia jemaah haji 2022 mesti di bawah 65 tahun.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” terangnya.

Dalam pertemuan itu, Menag sempat melobi tambahan kuota haji bagi warga Indonesia. Pertimbangannya, antrean jemaah Haji Indonesia sangat panjang.

Menteri Tawfiq mengaku sangat senang untuk bisa memberikan tambahan kuota jemaah haji Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah negara penting bagi Saudi.

Namun, lanjut Tawfiq, saat ini negaranya tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

“Indonesia akan selalu mendapatkan prioritas dalam memperoleh kuota tambahan,” tutupnya.

Daftar Haji Bisa Online

Baca Juga:Laga El Clasico Indonesia, Punggawa Persib ‘On Fire’Video Viral Hakim Wahyu Iman Santoso Disangsikan

Sementara seiring kemajuan teknologi, daftar haji bisa lebih mudah dengan cara online. Baru saja, Kementerian Agama merilis sebuah aplikasi yang mengintegrasikan sejumlah layanan, termasuk layanan pendaftaran haji secara online tersebut.

0 Komentar