Stok Logistik di Masa Transisi hanya Cukup untuk Satu Bulan

stok logistik
Bupati Cianjur Herman Suherman saat meninjau gudang logistik bantuan gempa di Bale Rancage, beberapa waktu lalu.
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengungkapkan, pada masa transisi dari masa tanggap darurat bencana menuju tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, pemerintah pusat masih bisa ikut andil dalam penanganan bencana di Cianjur, khususnya terkait stok logistik.

“Jadi untuk logistik di Cianjur, per hari ini (kemarin) memang stok hanya cukup untuk tiga minggu sampai sebulan. Tapi dalam tahap transisi ini pemerintah pusat masih terus turun tangan, khususnya BNPB. Nanti kita akan pastikan stok logistik ini akan kita penuhi dulu terus menerus di saat masa transisi ini,” ujar Suharyanto saat mendampingi Wapres RI Maruf Amin meninjau lokasi Risha di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Rabu (4/1/2022).

Setelah tiga bulan atau setelah masa transisi berakhir dan masih tahap rekonstruksi dan rehabilitasi maka bantuan akan dihentikan dan masyarakat harus memulai kesehariannya seperti biasa.

“Tidak mungkin didukung terus sepenuhnya oleh pemerintah pusat,” katanya.

Baca Juga:Dana Stimulan Perbaikan Rumah Gugur Jika Korban Gempa…7 Sesar Aktif  Kelilingi Cianjur

Dia mengimbau, masyarakat Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi untuk kembali ke rumahnya masing-masing dan mulai bekerja. Karena nantinya, bantuan tidak akan lagi 100 persen dari pemerintah.

Terpisah, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengungkapkan, pihaknya berharap adanya partisipasi orang yang mampu untuk terus membantu pengungsi yang belum bisa pulang ke rumahnya.

Pasalnya saat ini anggaran untuk penyediaan dapur umum di Kementerian Sosial terbatas karena masih harus menangani dapur umum di daerah-daerah lain di Indonesia yang juga terkena bencana.

“Kita harapkan ada partisipasi dari orang-orang dan semua pihak yang mampu membantu. Karena saat ini Kemensos anggarannya terbatas. Kita juga harus buka dapur umum untuk di Jawa Tengah, Tagana pun sekarang berjaga di wilayahnya masing-masing,” aku Risma saat kunjungi pengungsian Komunal di Lapang Jagaraksa, Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang, Rabu (4/1/2023).(mg1)

0 Komentar