Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca

Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca
Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca
0 Komentar

Banyak orang berpendapat bahwa masuknya sepak bola di Indonesia pada era modern dibawa oleh Belanda. Belanda pun mendirikan Nederland Indische Voetbalbond (NIVB), organisasi sepak bola yang berkembang di kota-kota besar.

Kemudian sekitar 1920-1930 berdirilah perkumpulan sepak bola di berbagai daerah seiring tumbuhnya rasa semangat kebangsaan. Misalnya di Solo berdiri Persatuan Sepakbola Indonesia Surakarta (Persis) pada 1923 yang awalnya bernama Vorstenlandsche Voetbalbond (VVB).

Pada 1928 berdiri Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta (Persija) yang awalnya bernama Voetbalbond Indonesische Jacarta (VBIJ). Pada 1932 berdiri Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (Persib) yang sebelumnya bernama Bandungsche Indonesische Voetbalbond (BIVB). Beberapa persatuan lainnya seperti PSIM di Yogyakarta, PSM di Madiun dan Persebaya di Surabaya.

Baca Juga:Bobby Nasution Geli” Melihat Pasangan Sesama Jenis Gandengan MesraTahun Baru Harga BBM Baru, Ini Daftar Harga Terbarunya

Sejarah lain yang perlu dicatat adalah keikutsertaan Hindia Belanda, sebutan Indonesia di masa lalu, yang pernah mengikuti Piala Dunia 1938 di Prancis. Kemudian Indonesia juga mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 1930 sebagai wujud persatuan yang diwacanakan dalam Sumpah Pemuda 1928.

 

0 Komentar