Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca

Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca
Menyukai Olahraga Sepak Bola, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Kuy Baca
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRESSepak bola merupakan salah satu cabang olahraga tim, yang masing-masing pemainnya umumnya memainkan suatu bola khusus dengan kaki dan dimainkan di lapangan. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Sepakbola termasuk jenis olahraga permainan serangan (invation games). Permainan ini mengarah pada pengendalian objek/bola pada suatu daerah tertentu.  Tujuan olahraga sepak bola adalah inti dari permainan 11 lawan 11 ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dan menendang bola ke gawang lawan.

BACA JUGA : 6 Mobil Yang ‘Bakal’ Mengaspal di Indonesia Tahun 2023 Ini
Sejarah
Olahraga sepak bola memang menjadi salah satu olahraga kesayangan masyarakat dunia, yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Bahkan menjadi favorit, karena bisa dimainkan di lapangan sederhana di kampung-kampung hingga stadion-stadion ternama kelas dunia.

Baca Juga:Bobby Nasution Geli” Melihat Pasangan Sesama Jenis Gandengan MesraTahun Baru Harga BBM Baru, Ini Daftar Harga Terbarunya

Olahraga populer ini telah ada di dataran Tiongkok sejak zaman dinasti Han pada rentang abad ke-2 sampai ke-3 sebelum masehi. Pada masa itu, olahraga sepak bola dilakukan hanya para tentara sebagai sarana latihan fisik dan juga hiburan ulang tahun kaisar Tiongkok. Bola yang terbuat dari kulit dengan gawang berbahan jaring kecil.

Selain di Tiongkok, sepak bola juga ada di negara tetangganya, Jepang.  Pada waktu itu dimainkan dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang.

Selanjutnya, olah raga sepak bola ditemukan juga di negara lain seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

Sejarah sepak bola modern bermula dari Britania Raya yang ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola. Mulanya diadakan pertemuan oleh 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris) pada 1863. Adapun hasil dari pertemuan menetapkan seri peraturan tunggal permainan sepak bola. Peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Di Indonesia sendiri yang awalnya permainan ini bernama sepak raga, yaitu menendang bola yang terbuat dari rotan untuk bisa masuk ke lingkaran di atas bambu layaknya ring basket.

0 Komentar