Masjid Raya Al-Jabbar Diresmikan, Ridwan Kamil: Jawa Barat Memiliki Dua Ikon

Masjid Raya Al-Jabbar Diresmikan, Ridwan Kamil: Jawa Barat Memiliki Dua Ikon
Masjid Raya Al-Jabbar di Gedebage, Kota Bandung.(Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

BANDUNG, CIANJUR EKSPRES – Masjid Raya Al-Jabbar di Gedebage, Kota Bandung akhirnya diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (30/12).

Ridwan Kamil mengatakan, Masjid Raya Al-Jabbar tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun terdapat beberapa fasilitas lainnya. Seperti museum Rasulullah dan keislaman Nusantara dan Jawa Barat hingga kolam dan danau rekreasi.

“Diatasnya ada fasilitas tempat beribadah, dibawahnya ada fasilitas museum, galeri tentang Rasullullah, tentang keislaman di Nusantara dan Jabar yang dikemas secara digital. Kemudian kolam dan danaunya menjadi tempat rekreasi, ada taman kota mengelilingi dengan tema 25 nabi rasul, ada food court (tempat makan) juga dibelakang bagi warga yang ingin makan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Baca Juga:Dukung Pemulihan Ekonomi, Transaksi BNIDirect Tumbuh PositifPuluhan Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Bantu Warga Lakukan Pencarian Korban Tertimbun Longsor di Cijedil Cianjur

Ridwan Kamil mengatakan, selain menjadi ikon baru di Jawa Barat, masjid yang memiliki kapasitas hingga 50 ribu jamaah ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan khususnya keagamaan.

“Mulai sekarang masyarakat silahkan memanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan. Karena fasilitasnya sangat lengkap bahkan mungkin terlengkap di Indonesia,” kata Ridwan Kamil.

Menurutnya, Masjid Raya Al–Jabbar merupakan kado terindah di tahun 2022. “Ini menjadi kado terindah di tahun 2022, kita melaksanakannya di hari Jumat dan menjadi jumatan terakhir di tahun 2022 untuk menjemput tahun 2023 yang lebih baik dan lebih optimis lagi,” ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga meminta meminta kepada masyarakat untuk turut serta merawat masjid yang menjadi kebanggaan baru bagi rakyat Jawa Barat. Sehingga bisa terus terawat dengan baik.

“Jadi saya titip kepada semua masyarakat silahkan ramaikan (Masjid Raya Al-Jabbar), semua ulama juga silahkan menggunakan (fasilitas yang ada), karena masjid ini milik bersama dan milik 27 kota kabupaten se-Jawa Barat,” tegasnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi kebanggaan, Jawa Barat memiliki dua ikon, satu di Gedung Sate sudah 100 tahun lebih (usianya) dan berikutnya Al-Jabbar Insyaallah umurnya panjang juga,” pungkasnya.(jabarekspres.com/hyt)

0 Komentar