Puluhan Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Bantu Warga Lakukan Pencarian Korban Tertimbun Longsor di Cijedil Cianjur

Puluhan Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Bantu Warga Lakukan Pencarian Korban Tertimbun Longsor di Cijedil Cianjur
Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya saat melakukan pencarian korban tertimbun longsor dengan cara manual di worksite Cijedil RT 03 pada Sabtu (24/12/2022).
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Warga Kampung Cugenang dan puluhan anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 300/Brajawijaya kembali melakukan pencarian korban tertimbun longsor dengan cara manual di worksite Cijedil RT 03 pada Sabtu (24/12/2022).

Komandan Tim (Dantim) dari Yonif Raider 300/Brajawijaya, Letnan Dua Inf Leo Lubis mengungkapkan, pasukan kembali membantu warga lakukan pencarian korban hilang setelah mendapatkan info pencarian mandiri oleh lima orang keluarga korban hilang, di media sosial beberapa waktu lalu.

“Pada Kamis (22/12) beberapa akun medsos di Cianjur men-tag akun Yonif Raider 300/Brajawijaya, soal pencarian manual oleh beberapa warga yang masih kehilangan anggota keluarganya. Dari situ kami langsung cari info dan lakukan komunikasi dengan pihak keluarga,” ujar Letda Leo pada Cianjur Ekspres, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga:BNI Kelola Jasa Penyaluran Tunjangan Bagi Karyawan PT Kimia Farma ApotekBupati Cianjur Lantik Kepala Sekolah dan Pejabat Struktural, Komisi A Kecewa

Pihaknya pun akhirnya menurunkan 20 personil dengan peralatan seadanya seperti cangkul, membantu pencarian di beberapa titik yang disebutnya belum tersentuh pencarian. Dari hasil pengamatan, lanjutnya, terdapat tiga titik yang dicurigai masih ada korban tertimbun.

“Hasil komunikasi dengan RW setempat, kita dapat laporan ada delapan sampai sembilan korban yang belum ditemukan. Dari hasil pengamatan dengan mengidentifikasi bau menyengat, ada tiga titik yang kita curigai terdapat korban tertimbun,” jelas Leo.

Namun, kata Leo, pihaknya terkendala peralatan saat pencarian. Pasalnya, kondisi tanah longsoran yang tebal dan lembek, mempersulit pencarian. Sehingga pihaknya berkomunikasi dengan pimpinan, dan merencanakan penurunan ekskavator mini untuk membantu pencarian.

“Sangat sulit sekali, saat kita lakukan penggalian, malah alat kita yang rusak. Saya sudah laporkan ke pimpinan, rencananya nanti kita akan kerahkan eskavator mini untuk membantu pencarian,” kata Leo.

Letda Inf Leo pun memastikan, pihaknya akan terus membantu warga hingga semua korban tertimbun bisa ditemukan semua. “Karena ini tanggung jawab kami, membantu warga Cianjur,” pungkasnya.

Warga Kampung Cugenang RT 03/RW 01 Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Adi mengatakan, dirinya sangat berterima kasih pada pihak TNI karena mau membantu pencarian secara mandiri.

“Kami sangat berterima kasih, TNI masih mau membantu kami dalam pencarian,” ujar Adi saat ditemui di lokasi pencarian.

0 Komentar