Puluhan Pegawai Bapenda Kabupaten Cianjur Bantu Warga Bersihkan Puing-puing Rumah

Puluhan Pegawai Bapenda Kabupaten Cianjur Bantu Warga Bersihkan Puing-puing Rumah
Pegawai BPPD Cianjur Bantu Warga Bersihkan Puing-puing Rumah Rusak di Desa Mangunkerta
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Puluhan pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cianjur, bantu warga bersihkan puing-puing rumah rusak berat akibat bencana gempa di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang pada Jumat (30/12/2022).

Kepala Bapenda Kabupaten Cianjur, Komarudin mengungkapkan, perobohan rumah rusak berat akibat bencana dan membersihkan puing-puing tersebut dilaksanakan sesuai arahan Bupati Cianjur, Herman Suherman untuk mempercepat rekonstruksi rumah rusak berat pada masa Transisi Darurat ke Pemulihan.

“Sesuai perintah Pak Bupati, kita kerahkan semua pegawai Bapenda Cianjur bantu warga bersihkan puing-puing rumah yang ada di Desa Mangunkerta. Kita robohkan rumah dan merapikan lahannya untuk selanjutnya mempercepat proses pembangunan kembali atau rekontruksi,” ujar Komarudin disela proses pembersihan puing-puing rumah.

Baca Juga:Bupati Kaget Masih Ada Desa Tak Setor Data Rumah Rusak ke BNPBPencarian Korban Gempa di Hari ke-12 Belum Membuahkan Hasil

Bukan hanya itu, Komarudin berharap, dengan cepatnya proses pemulihan dengan dibantu oleh aparatur sipil negara (ASN), para korban terdampak yang masih mengungsi bisa cepat kembali ke rumahnya.

“Selain dibantu ASN, TNI dan Polri juga masih terus membantu pembersihan puing-puing rumah rusak berat. Sehingga dengan adanya percepatan ini, para pengungsi bisa cepat kembali dibangunkan rumahnya. Jadi mereka tak berlama-lama di tenda sementara,” ujarnya.

Di Desa Mangunkerta tersebut, Bapenda Kabupaten Cianjur membantu merapikan dua unit rumah rusak berat yakni milik Emin dan Ece. Perobohan dan proses pembersihan puing-puing tersebut dilakukan dengan alat seadanya seperti serokan, pacul juga alat bantu konvensional lainnya.

“Pembersihan ini kita lakukan dengan alat seadanya. Tapi karena anggota kita banyak, Alhamdulillah kita bisa bantu bersihan dua unit rumah,” jelasnya.

Komarudin mengungkapkan, kegiatan pembersihan puing-puing tersebut akan terus dilakukan hingga rumah-rumah rusak berat akibat bencana gempa bumi, telah dibersihkan secara tuntas.

“InsyaAlloh kegiatan ini akan terus berlanjut sampai semua rumah (rusak berat) selesai dibersihkan. Mudah-mudahan Cianjur bisa cepat pulih,” harapnya. (*)

0 Komentar