Fungsi Poros Engkol Kendaraan, Perlu Diketahui

Fungsi Poros Engkol Kendaraan, Perlu Diketahui
Fungsi Poros Engkol Kendaraan, Perlu Diketahui
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRESPoros engkol merupakan komponen mekanis yang di gunakan dalam mesin piston untuk mengubah gerak bolak-balik menjadi gerak rotasi. Poros berputar yang berisi satu atau lebih pin engkol, yang di gerakkan oleh piston melalui batang penghubung.

Fungsi poros engkol paling utama untuk mengubah naik turunnya piston dalam mesin. Letak komponen ini berada di bagian bawah silinder mobil tepatnya di blok silinder.

Poros engkol lebih sering di sebut sebagai crankshaft  sangat penting bagi pergerakan mobil.

Baca Juga:Pengendara Wajib Tahu, Ini Fungsi Rem Tromol Sepeda Motor!Apa Yang Membuat Bella Kerompot Viral

BACA JUGA : Pengendara Wajib Tahu, Ini Fungsi Rem Tromol Sepeda Motor!

Fungsi Poros Engkol

Memiliki peran dalam mesin pembakaran yang berhubungan dengan pergerakan roda. Dengan fungsi sebagai berikut:

  • Poros Gerakan

Pemacu gerakan mesin kendaraan roda empat. Kruk menjadi tumpuan utama dalam mesin pembakaran inersial sehingga poros engkol berhubungan langsung dengan komponen penunjang lainnya.

Fungsi crankshaft adalah menahan gerakan dan getaran tinggi yang di hasilkan dari tekanan komponen pembakaran

  • Sistem Pemindah Tenaga

Tenaga yang di ubah poros engkol berasal dari pergerakan poros yang semula naik turun menjadi berputar guna memaksimalkan penggunaan mesin.

  • Connecting Rod

Mampu menahan beban sekaligus meningkatkan kinerja perputaran roda. Desainnya kokoh dengan bagian permukaan body berupa bantalan.

BACA JUGA : Apa Yang Membuat Bella Kerompot Viral

Bagian-Bagian Crankshaft

  • Crank Pin
  • Crank Arm
  • Crank Journal
  • Counter Weight
  • Crank Oil

Kinerja Poros Engkol

Cara kerjanya ketika batang piston bergerak naik turun atau satu arah maka poros engkol mengubahnya menjadi gerakan memutar. Gerakan ini terjadi pada bagian connecting rod.

Baca Juga:Kathydi Perempuan Berjilbab dan Kacamata Bikin Heboh WarganetGerak Cepat Polisi Kantongi Identitas Pemeran Kebaya Hijau

Letaknya berada antara oil pan dan bagian bawah blok. Gerakan memutar berfungsi untuk menggerakan flywheel dengan baik. Gerakan satu arah dari batang piston perlu di seimbangkan melalui komponen lain seperti crank pin.

Pada mobil lama, poros engkol memiliki dua fungsi utama yakni pompa power steering dan komsesor. Namun untuk kendaraan keluaran terbaru poros engkol tidak lagi memiliki fungsi tersebut.

Fungsi poros engkol yang utama adalah membantu pergerakan roda kendaraan. Komponen poros engkol terdiri atas beberapa bagian yang bekerja secara sinergi satu dengan lainnya. Bahan poros engkol terbuat dari baja berkualitas agar mampu menahan tekanan saat mobil melaju.

0 Komentar